5 Kelainan Mutasi Genetik Aneh Ini Pernah Dialami Manusia

Ectrodactyly atau Manusia Kepiting

Jaman dulu, anak lahir dengan bentuk yang aneh bakal digunjing oleh orang sekampung. Bahkan mereka bisa mengucapkan kata-kata jelek seperti anak genderuwo, anak jin bahkan monster. Hal tersebut sangat menyakitkan bagi orang tua yang melahirkan.

Namun, itu dulu. Sekarang banyak ilmu kedokteran yang mampu menunjukkan bahwa mereka adalah anak manusia yang sama dengan kita, namun punya kelainan genetik di dalam tubuhnya. Nah, kelainan genetik ini kini sudah semakin banyak ditemukan jenisnya. Dari beberapa kelainan genetik tersebut, Dahsyat sudah merangkum 7 kelainan genetika yang pernah dialami manusia. Apa sajakah kelainan tersebut?

1. Sirenomelia (Mermaid Syndrome atau Sindrom Ikan Duyung)

Mungkin orang dulu beranggapan bahwa bayi yang kedua kakinya bersatu adalah seorang jelmaan ikan atau juga makhluk jadi-jadian. Anggapan tersebut memang cukup berakal mengingat banyaknya cerita rakyat yang seakan benar-benar terjadi. Namun, dokter ahli di zaman sekarang mempunyai pemikiran berbeda. Mereka menyebut bayi ini adalah penderita Sirenomelia atau Mermaid Syndrome (Sindrom Ikan Duyung)

Sirenomelia (Mermaid Syndrome atau Syndrom Ikan Duyung)
Sirenomelia (Mermaid Syndrome atau Syndrom Ikan Duyung) [Image Source]
Penderita sindrom ini sangat jarang dijumpai di dunia. Kasusnya hanya ada sekitar 1 banding 10 ribu kasus kelahiran. Sindrom yang menyerang bayi baru lahir merupakan syndrome berbahaya karena penderita dapat meninggal satu atau dua hari setelah terkena sindrom. Hal ini dikarenakan penderita mengalami komplikasi kemih dan ginjal.

2. Epidermodysplasia Verruciformis atau Manusia Pohon

Bisa dibayangkan jika seseorang memiliki tangan dan kaki seperti cabang pohon. Atau punya permukaan kulit dengan tektur kasar menyerupai kulit luar dari sebuah pohon. Hal yang tidak mungkin bila dipikir dengan nalar. Namun, kasus manusia dengan bentuk menyerupai pohon memang ada bahkan ia sudah hidup lebih dari 20 tahun dengan kondisi tersebut.

Epidermodysplasia Verruciformis atau Manusia Pohon
Epidermodysplasia Verruciformis atau Manusia Pohon [Image Source]
Ialah Dede Koswara, lelaki Indonesia yang disebut sebagai manusia pohon. Ia memiliki kutil di seluruh tubuhnya setelah terkena luka goresan ketika masih kecil. Bukannya sembuh, malah luka tersebut berubah menjadi kutil yang menjalar ke seluruh bagian tubuh termasuk wajahnya. Tak hanya itu, kulitnya juga terinfeksi dan banyak bakteri dan binatang kecil yang hidup di kulitnya.

3. Werewolf Syndrome atau Manusia Serigala

Belakangan ini banyak beredar film yang mengusung tema manusia serigala yang kapan-kapan bisa berubah menjadi manusia dan juga berubah menjadi serigala. Dalam alur film tersebut, tak dijelaskan bagaimana mereka berubah dan mengapa mereka menjadi seorang manusia serigala. Namun, manusia serigala dalam dunia medis ini bukanlah seperti manusia serigala dalam film tersebut.

Werewolf Syndrome atau Manusia Serigala
Werewolf Syndrome atau Manusia Serigala [Image SOurce]
Manusia serigala atau dikenal dengan werewolf syndrome adalah sebuah mutasi genetik rambut pada seseorang, dimana penderita akan mengalami penumbuhan rambut secara terus menerus. Bukan hanya dikepala, rambut ini juga tumbuh di bagian wajah, leher, tangan dan juga badan. Penderita yang terkena sindrom ini bisa diketahui sejak ia lahir dimana ia memiliki banyak bulu di sekujur tubuhnya.

4. Progeria

Kelainan genetik adalah kelainan genetik paling aneh dan sangat jarang ditemukan. Jika dibandingkan, mungkin sekitar 1 per 8 juta kelahiran yang mengalami kelainan ini. Progeria adalah kelainan genetik yang menyebabkan percepatan penuaan pada seorang anak-anak. Selain aneh, penderita Proferia juga tidak bisa bertahan hidup lama dan akan meninggal dunia ketika berusia 1 tahun.

Progeria
Progeria [Image Source]
Penderita Progeria akan meninggal setelah mengalami serangan jantung, stoke dan penyakit lainnya yang biasanya diderita oleh para manula. Selai itu, bentuk fisik mereka juga mengalami penuaan seperti orang tua dimana memiliki kulit kasar dan kaku, rambut rontok, dan kelainan pada pertumbuhan tulang.

5. Ectrodactyly atau Manusia Kepiting

Tidak banyak orang yang tahu bahwa Dusun Ulutaue, Bone, Sulawesi Selatan ternyata dihuni oleh manusia yang memiliki tangan dan kaki mirip seperti kepiting. Kelainan ini sudah dianggap turunan dari nenek moyang yang tidak bisa dihindarkan oleh anak cucu di kampung ini. Banyak di antaranya sudah pasrah dengan penyakit ini karena tidak adanya bantuan medis dari pemerintah.

Ectrodactyly atau Manusia Kepiting
Ectrodactyly atau Manusia Kepiting [Image Source]
Kelainan bentuk tangan dan kaki mirip kepiting ini merupakan sebuah kelainan mutasi genertik yang bernama latin Ectrodactyly. Dimana telapak tangan atau kaki terpisah karena adanya kelainan pada kromosom 7. Hal ini juga menyebabkan hilangan bagian tengah telapak tangan atau kaki sehingga nampak seperti cangkang kepiting.

Manusia memang dilahirkan banyak perbedaan terutama bagian fisik. Dan tak jarang dari mereka lahir dengan keadaan cacat. Namun, beruntung bagi kita yang lahir dalam keadaan sehat. Tapi jangan senang dulu, penyakit datang kapan saja. Meski fisik terlihat sehat, dalam tubuh belum tentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *