Musisi Top Inggris Ed Sheeran Tersandung Kasus Plagiarisme

Tuduhan pembajakan lagu menimpa musisi top Inggris Ed Sheeran. Lagunya yang sempat memenangkan penghargaan bergengsi, Grammy Award, Thinking Out Loud dituduh membajak elemen inti dari lagu Marvin Gaye sempat melejit di tahun 1973 berjudul Let’s Get It On.

Gugatan pelanggaran hak cipta tersebut diajukan oleh ahli waris penulis lirik dan pencipta komposisi lagu Let’s Get It On, Ed Townsend. Penggugat tersebut adalah Kathryn Townsend, Helen McDonald dan Cherrigale Townsend.

“Terdakwa meniru ‘jantung’ dari lagu ‘Let’s’ dan mengulanginya terus-menerus dalam lagu ‘Thinking’. Melodi, harmoni, dan komposisi ritmis dari lagu ‘Thinking’ sama persis dengan komposisi drum di lagu ‘Let’s’“, jelas pihak penuntut, dikutip dari The Rolling Stones.

Pihak penuntut berharap pengadilan mengeluarkan perintah larangan bagi Ed Sheeran untuk melakukan pelanggaran hak cipta dan penjualan lagunya. Hal itu dianggap sangat merugikan penyanyi lagu yang dijiplaknya.

Tuntutan mengenai lagu Thinking Out Loud tersebut jatuh 2 bulan kemudian setelah Ed Sheeran dituntut dengan tuduhan plagiarisme oleh Martin Harrington dan Thomas Leonard. Tuntutan sebesar 20 juta dolar Amerika itu dilayangkan karena Ed Sheeran dituduh telah mengopi not per not dari lagu Amazing yang telah ditulis oleh mereka untuk lagu yang hits di album ‘X’ berjudul Photograph. Lagu Amazing sendiri dinyanyikan oleh pemenang X Factor, Matt Cardle. Namun, Matt enggan melibatkan diri dalam kasus tersebut.

Di Bulan Maret 2015 lalu keluarga Marvin Gaye menuntut Robin Thicke dan Pharrel atas lagu Blurred Line. Menurut mereka lagu ini menjiplak lagu Got to Give It Up. Tuntutan tersebut dimenangkan oleh keluarga Marvin Gaye dengan nila 7,4 juta dolar Amerika. Pengadilan menetapkan bahwa, lagu Blurred Line meniru dengan persis lagu Got to Give It Up tak hanya dari musiknya saja. Namun, juga dari pengaturan studio dan nuansa lagunya.

Mengenai gugatan yang dilayangkan pada Sheeran, perwakilan pemenang Grammy Award tersebut, yaitu Sony/ATV Music Publishing dan Atlantic Records belum mengeluarkan statement resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *