Kapal LCT Revalia Tenggelam Di Selat Bali

Kapal LCT Revalia via tempo

Kecelakaan laut terjadi di Selat Bali, Jumat (4/3) pada pukul 13.10 WIB. Kapal LCT Revalia tenggelam karena diduga mengalami kebocoran. Informasi ini didapatkan dari akun Twitter Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Dalam akun @a_azwarnas, Azwar Anas menyebut kapal LCT Revalia mengangkut penumpang dari Gilimanuk-Ketapang.

“Kapal LCT Revalia Gilimanuk-Ketapang tenggelam. Innalillahi Wa Innailaihi rojiun. Semoga proses penyelamatan bisa lancar,” tulis Abdullah Azwar Anas dalam akun Twitternya, Jumat (4/3). Anas melanjutkan dalam insiden kapal tenggelam di Selat Bali itu, penumpang selamat yang ditemukan sementara 48 orang dan 32 kendaraan tenggelam.

Kementerian Perhubungan juga membenarkan info bahwa kapal motor penumpang Revalia tenggelam di Selat Bali. “Betul, Revalia dilaporkan tenggelam di Selat Bali. Kami baru saja mengklarifikasi dengan syahbandar Ketapang, betul ada kejadian tersebut,” kata juru bicara Kementerian Perhubungan, J.A. Barata, Jumat (4/3).

Kapal LCT Revalia via tempo
Kapal LCT Revalia via tempo

Puluhan mobil yang diangkut kapal LCT Revalia ikut tenggelam, sementara 76 penumpang bisa diselamatkan. “Dari penumpang yang selamat, 10 orang dibawa ke rumah sakit. Sisanya di pelabuhan dan sudah ada yang pulang. Empat penumpang masih dalam pencarian,” kata General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang, Yusuf Hadi, Jumat (4/3).

Keempat orang yang belum ditemukan itu adalah nakhoda, mualim, seorang ibu dan anak. Berdasarkan manifes, kapal yang berangkat dari pelabuhan Gilimanuk tersebut mengangkut 25 kendaraan roda empat dan truk pengangkut barang. Sementara itu, penumpang pejalan kaki sebanyak 18 orang. Untuk total korban, pihaknya masih belum bisa memastikan.

Sugi Mulyono, salah satu penumpang yang selamat merasakan kapal miring setelah berlayar setengah jam. Meski kondisinya sudah miring, kapal masih terus berjalan. Dia mengaku saat berangkat, kapal dalam kondisi baik-baik saja dan tidak ada yang mencurigakan. “Pas hampir pelabuhan, kapal tenggelam. Saya loncat ke laut pakai pelampung,” ucapnya.

Puluhan petugas SAR dari Bali dan Kabupaten Jember diturunkan guna membantu evakuasi. Tenggelamnya kapal ini didokumentasikan Sugiharto Sabiilullah kemudian mengunggahnya ke You Tube. Kapal LCT Revalia ini bergerak dari Gilimanuk ke Ketapang dengan mengangkut 2 unit truck besar,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *