Jorge Lorenzo Sukses Menjadi Juara MotoGP 2015

Jorge Lorenzo via cnnindonesia

Pembalap Movistar Yamaha Jorge Lorenzo akhirnya berhasil mengukuhkan gelar juara dunia MotoGP 2015 di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (8/11). Lorenzo finis paling depan, disusul dua pembalap Repsol Honda Marc Marquez dan Dani Pedrosa di posisi dua dan tiga. Lorenzo sukses mengalahkan Valentino Rossi yang memimpin klasemen sejak seri pertama.

Pada klasemen akhir MotoGP 2015, Lorenzo berada di puncak klasemen dengan raihan 330 poin, sementara Rossi turun ke peringkat kedua dengan perolehan 325 poin. Lorenzo mulai balapan dengan sempurna. Sepanjang balapan, dia tidak mendapat ancaman yang berarti dari dua pembalap Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

Sementara itu, Rossi tak menjadi pembalap di posisi terakhir saat start karena Cal Crutchlow yang start dari posisi kelima harus memulai balapan dari pit lane usai motornya mengalami masalah. Rossi berhasil naik 11 posisi dan berada di posisi ke-15. Pembalap Italia itu berhasil menembus 10 besar setelah melewati pebalap Michele Pirro.

Jorge Lorenzo via cnnindonesia
Jorge Lorenzo via cnnindonesia

Memasuki lap ke-11, Rossi berhasil melewati Aleix Espargaro dan berada di posisi kelima. Pada lap selanjutnya Rossi melewati Andrea Dovizioso dan berada di posisi empat. Namun, sulit baginya memburu Pedrosa. Pada lap ke-15, jarak mereka mencapai 11 detik. Pada dua lap terakhir, Marquez dan Pedrosa bertarung langsung untuk merebut posisi kedua.

Namun hingga lap terakhir, Pedrosa tidak bisa menyusul Marquez. Sementara itu, Lorenzo yang berada paling depan pun bisa mengklaim tahta juara dunia ketiga MotoGP bagi dirinya. Pria asal Spanyol itu mengatakan berjuang mati-matian untuk meraih gelar juara dunia di kelas MotoGP kali ini. Bahkan ban belakang motor Lorenzo sampai hancur.

“Ban belakang saya botak. Lap terakhir, saya tak bisa melihat apapun. Saya mencoba fokus dan menjaga konsentrasi. Sekarang saya sudah menjadi juara dunia sebanyak lima kali. Kami sudah membuat pekerjaan yang luar biasa. Yamaha membuat motor yang fantastis dan saya sangat bangga,” kata Jorge Lorenzo. Pria berusia 28 tahun itu menjadi juara dunia di kelas MotoGP pada 2010, 2012, dan 2015. Lorenzo juga sudah dua kali juara dunia di kelas 250 cc.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *