5 Jalan Paling Mematikan di Dunia, Mau Coba Melewatinya?

Selama ribuan tahun jalan telah dibangun sebagai sarana yang digunakan manusia untuk melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat yang lain. Jalan ini pula memiliki peran yang sangat penting atas arus perputaran barang antar wilayah. Melalui jalan, orang dapat bepergian dengan lebih aman. Namun kini adanya jalan belum tentu membuat perjalanan lebih aman.

Beberapa jalan yang ada dalam daftar ini dibangun di daerah yang curam dengan tingkat bahaya maksimum. Sementara yang lain berada di tengah perkotaan tanpa ada aturan lalu lintas yang jelas sehingga terjadi percampuran antara kendaraan berat dan pengendara motor dalam satu lajur yang sama. Semua berujung pada satu resiko, yaitu kematian. Berikut 5 jalan paling
mematikan di dunia.

1. North Yungas Road, Bolivia

North Yungas Road yang ada di Bolivia diketahui sebagai jalan paling berbahaya di dunia dan terkenal dengan julukan “jalan kematian.” Hal ini bukanlah suatu yang mengada-ngada menilik beberapa fakta di mana banyak kendaraan yang jatuh ke jurang terutama saat mereka bersisipan di jalan yang begitu sempit.

North Yungas Road merupakan jalan yang menghubungkan antara La Paz, Ibukota Bolivia dengan dataran rendah Yungas yang terletak di Amazon. Rata-rata jalan ini berada di ketinggian 4 ribu meter diatas permukaan laut dan pada satu sisi menghadap jurang sedalam 600 meter. Catatan resmi pemerintah Bolivia menunjukkan bahwa ada sekitar 200-300 wisatawan tewas saat melintasi jalan ini setiap tahunnya.

2. Commonwealth Avenue, Filipina

Lebih dikenal sebagai “Jalan Raya Pembunuh” dari Filipina, Commonwealth Avenue yang berada di kota Quezon telah menjadi arena dari banyaknya pejalan kaki dan pengendara sepeda mengalami kecelakaan fatal yang mengakibatkan kematian. Bukan hanya itu saja, mobil dan kendaraan besar juga sering mengalami kecelakaan di jalan ini.

Menurut berbagai sumber yang ada, setiap hari di jalan ini terjadi 3-5 kecelakaan yang mengakibatkan 7.000 jumlah kematian setiap tahunnya. Melihat dari ukuran jalan yang lebar seharusnya hal tersebut tidak terjadi namun jika Anda melihat video di atas tentu dapat menyimpulkan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Yang jelas aturan lalu lintas di jalan ini sangat semrawut di mana tidak ada jalur khusus untuk pesepeda dan pengendara motor, semuanya bercampur dengan kendaraan umum, kendaraan berat dan mobil

3. James Dalton Highway, Alaska

The James Dalton Highway di alaska terlihat seperti jalan yang lengang melintasi kawasan sepi tak berpenduduk. Lantas bagaimana bisa jalan ini menjadi salah satu yang paling berbahaya di dunia? Jangan terkecoh dengan penampakan jalan yang mulus dan sepi karena traveler yang lewat jalan ini tidak sepenuhnya aman dari ancaman maut.

Sebenarnya jalan ini penuh jebakan batman berupa lubang-lubang yang bisa jadi tidak terlihat pengendara. Selain itu, jalan yang melintasi Livengood dari Elliott Highway menuju Alaska sepanjang 576 kilometer ini digunakan sebagai jalur pemasok minyak sehingga banyak truk besar yang melintasinya. Saat berpapasan, batu kerikil akan terlempar ke kaca mobil Anda, belum lagi cipratan lumpur hingga debu pekat. Rata-rata pemilik rental mobil di sana melarang traveler membawa mobilnya melintasi jalan ini.

4. BR-116, Brasil

Jalan berikutnya ini dikategorikan berbahaya untuk dilalui bukan karena memiliki rute curam di tepi jurang seperti di Bolivia. BR-116 di Brasil merupakan jalan raya terpanjang kedua di negara tersebut tapi jalan ini pula yang menjadi semacam tempat pembunuhan massal karena ada lebih dari 1000 orang meninggal akibat kecelakaan di sepanjang jalan ini.

BR-116 mendapat julukan sebagai “Jalan Raya Kematian”, meskipun lebar kondisinya di beberapa titik sangat tidak layak. Hal ini disebabkan karena pemeliharaan yang buruk oleh pihak terkait, belum lagi keamanan di jalan ini sangat rendah dengan banyak munculnya kasus perampokan yang dilakukan oleh bandit dan geng.

5. The Himalayan Roads

Jalan yang menjadi rute traveler menuju base camp pendakian ke Gunung Himalaya ini sangat tidak bersahabat. Jalurnya sangat sempit dan hanya muat dilewati satu mobil saja. Belum lagi kondisi jalan yang belum diaspal dan sangat licin saat hujan turun. Bagaimana sempit dan ngerinya jalan ini bisa Anda lihat pada tayangan video di bawah.

Menurut para pendaki yang telah melintasi jalan ini, rute yang paling mendebarkan saat mereka melintasi Alwas-Killar Road. Jalan tersebut berada di ketinggian 4.400 mdpl dan memanjang sejauh 127 kilometer. Jalan ini hanya bisa dilewati pada bulan Juli hingga pertengahan Oktober, karena selain pada waktu itu jalan akan tertutup salju dan tidak bisa dilalui. Meskipun di sekelilingnya terdapat panorama alam yang indah namun jika Anda melintasi jalan yang menghadap jurang pasti tidak bisa menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *