Jabodetabek Mulai Memasuki Musim Hujan

Foto Ilutrasi via kompas

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksikan hujan masih terus mengguyur sejumlah wilayah Jabodetabek. BMKG memprediksi cuaca cerah berawan terjadi di wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat sejak pagi hingga malam hari.

Menurut situs BMKG, hujan masih akan terjadi di wilayah Cibinong, Citeureup, Cimanggis, Cibubur, Pasar Rebo, Kampung Rambutan, Depok, Citayam, Margonda, Pondok Cabe, Halim, Kalibata, Cawang, dan Gambir. Hujan ini diperkirakan masih akan meluas ke wilayah Cinere, Bojonggede, Lenteng Agung, Tanjung Barat, Serpong, Pamulang, Ciputat, Bintaro, Menteng.

BMKG juga menyatakan bahwa kini wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi mulai memasuki musim hujan. “Saat ini wilayah Jabodetabek sudah mulai memasuki musim hujan,” ungkap Fachri Rajab selaku Kabid Informasi Meteorologi Publik Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika di Jakarta, Selasa (3/11).

Foto Ilutrasi via kompas
Foto Ilutrasi via kompas

Pada Senin 2 November malam, sejumlah wilayah di Jabodetabek telah diguyur hujan masih dengan intensitas ringan. Sedangkan pada Selasa pagi, cuaca mendung berawan terjadi di wilayah Jakarta Timur hingga sebagian Jakarta Pusat. Sedangkan wilayah lainnya diprediksi hujan lebat di Kalimantan Utara bagian barat dan Kalimantan Tengah bagian utara.

Hal ini disebabkan adanya konvergensi di Laut Halmahera. Kelembaban udara yang tinggi terpantau di wilayah Sumatera bagian utara, Kalimantan bagian barat, Papua Barat bagian tengah dan utara. Kondisi cuaca ini mendukung proses pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut sehingga kabut asap yang belakangan menyelimuti berangsur hilang.

Musim kemarau yang berkepanjangan akibat elnino sangat dirasa dampaknya di sejumlah wilayah. Terjadi kekeringan hingga kebakaran hutan dan lahan yang menyebabkan bencana kabut asap. BMKG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *