iPhone SE, Smartphone Terbaru Apple Versi Mini

iPhone SE via detik

Apple akhirnya resmi meluncurkan smartphone terbarunya yang diberi nama iPhone SE. Ini memang iPhone mini lantaran ukuran layarnya yang kembali ke 4 inci seperti iPhone 5 dan iPhone 5s. Seperti diberitakan selama ini, iPhone SE memiliki desain menyerupai iPhone 5s, hanya saja kemampuannya diklaim lebih mumpuni.

Bertempat di Town Hall, Cupertino, California, Amerika Serikat, Vice President Apple, Greg Joswiak menjelaskan alasan mengapa mereka memilih untuk kembali 4 inci, setelah Apple memilih ukuran yang lebih besar di iPhone 6 dan iPhone 6s. Apple pun membekali ponsel ini dengan prosesor 64 bit A9 dan M9 Motion Coprocessor.

“Alasan pertama, kami menjual 30 juta iPhone dengan ukuran 4 inci sejak tahun 215 karena orang menyukainya bodinya membuatnya nyaman digenggam. Kedua inilah iPhone pertama yang membuat pengguna Android berpindah. Sehingga banyak orang yang meminta ke kami untuk membawanya kembali,” kata Greg Joswiak.

Selain berukuran 4 inci, iPhone SE datang dengan bodi alumunium sehingga diklaim olehnya merupakan perpaduan antara iPhone 5s dengan iPhone yang terbaru. Apalagi warna yang ditawarkan juga sama dengan yang ada di dalam versi iPhone 6 dan iPhone 6s seperti Rose Gold, Silver, Gold, Black, dan Space Gray.

iPhone SE via detik
iPhone SE via detik

Joswiak mengatakan dengan prosesor A9 dan co-prosesor M9 membuat iPhone SE dijamin tak kalah kencang dengan iPhone 6 dan iPhone 6s. Namun dua hingga tiga kali lebih kencang dari iPhone 5s yang merupakan versi terakhir iPhone 4 inci. Kamera belakangnya berukuran 12 megapixel yang dilengkapi focus pixel dan two-tone flash.

Kamera ini dapat digunakan untuk membidik gambar panorama berukuran 63 megapixel, memotret Live Photo, dan merekam video 4K. “Kameranya juga tak kalah menawan karena hadir dengan resolusi 12 megapiksel iSight. Jangan lupa bahwa iPhone SE hadir dengan fitur Live Photo seperti yang ada di iPhone 6s,” tambahnya.

Untuk memantapkan apabila iPhone ini layaknya iPhone 6s yang dikecilkan adalah dengan dibenamkannya fitur Apple Pay yang artinya ada chipset Near Field Communications (NFC) di dalamnya. iPhone SE juga hadir dengan sistem operasi paling baru yakni iOS 9.3. Raksasa teknologi asal Amerika Serikat ini turut menyematkan koneksi LTE dan WiFi.

Kemampuan baterai juga lebih baik dan tersemat mikrophone anyar. Apple membanderol iPhone SE seharga USD 399 (16GB) dan USD 499 (64GB). Pada tahap awal, iPhone SE akan tersedia di sejumlah negara mulai 31 Maret 2016. Baru kemudian pada bulan Mei, iPhone SE akan bertandang ke 100 negara berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *