iPad Pro Akhir Dari Komputer Pribadi

iPad Pro via detik

Kehadiran tablet iPad Pro disebut-sebut akan menjadi akhir dari komputer pribadi (PC). CEO Tim Cook mengatakan bahwa seiring kesiapan Apple menjual tablet berlayar jumbo seperti iPad Pro, perangkat komputer pribadi sudah tak lagi dibutuhkan di kehidupan sehari-hari.

“iPad Pro merupakan pengganti perangkat notebook ataupun desktop untuk publik. Mereka akan mulai menggunakannya dan tentu tidak akan membutuhkan perangkat lain lagi selain ponsel pintar. Lalu mengapa Anda membeli PC lagi? ” kata bos Apple itu dalam wawancara menjelang peluncuran perangkat tersebut.

Pernyataan ini didukung oleh argumennya tentang kelebihan dari iPad Pro sendiri. Pertama kreativitas yang bisa diciptakan, terlebih adanya kehadiran Apple Pencil mampu menggores gambar apapun di atas layar. “Jika Anda menggambar menggunakan iPad Pro, rasanya akan sangat mengagumkan. Anda tak akan butuh perangkat lain,” imbuhnya.

Tablet iPad Pro 12,9 inci didukung dengan keyboard dan pencil tambahan. Perangkat ini mulai dijual di situs Apple, Rabu (11/11) kemudian akan tersedia di toko Apple, pengecer resmi, dan beberapa operator nirkabel dalam seminggu di lebih dari 40 negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, China, dan Jepang.

iPad Pro via detik
iPad Pro via detik

iPad Pro membawa tablet Apple ke arah baru di saat pangsa pasarnya mulai goyah. Pada kuartal lalu penjualan iPad menurun 20 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya, menjadi 9,9 juta unit. Ini adalah kuartal ketujuh berturut-turut penjualan telah jatuh dari tahun ke tahun dan gagal memenuhi perkiraan analis.

Konten musik dan film yang mendulang sistem suara dan speaker dari iPad Pro sangat kuat.
Sejak iPad Pro ini diperkenalkan oleh Apple bersamaan dengan peluncuran duo iPhone 6s dan 6s Plus, banyak analis yang berargumen bahwa produk iPad mini akan tergerus. Namun, Cook mengatakan dia tak khawatir satu produk Apple mencuri penjualan yang lain.

“Jika Anda memiliki ponsel berlayar besar, kemungkinan Anda tak mau memakai iPad mini. Tentu ada kanibalisasi dan kami tahu akan terjadi, tapi kami tidak terlalu memusingkannya.
iPhone 6S Plus jelas menciptakan beberapa kanibalisasi, tapi kami tak menghabiskan waktu mengkhawatirkan hal itu. Selama ini baik-baik saja,” pungkasnya.

iPad Pro dibanderol dengan harga USD 799 untuk model 32GB WiFi dan USD 1.079 untuk model WiFi dan seluler. Apple Pencil dibanderol USD 99 dan Smart Keyboard dihargai USD 169. Perangkat ini akan bersaing dengan Surface Pro 3, sebuah perangkat tablet yang dapat menjadi komputer jinjing jika ditancapkan ke keyboard buatan Microsoft.

iPad Pro diharapkan Apple dapat membangkitkan penjualan produk iPad yang anjlok dalam beberapa tahun terakhir. Per 26 September lalu, Apple tercatat menjual 54.860.000 iPad. Ini turun sebesar 19 persen dari tahun sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *