Selain Jakarta, 4 Kota Ini Juga Cocok Jadi Ibu Kota Indonesia

Palembang

Tidakkah Anda merasa jika Jakarta sudah terlalu padat sebagai Ibu Kota Indonesia? Karena masalah yang tak kunjung usai seperti banjir dan kemacetan, maka tak heran jika ahirnya muncul wacana untuk memindah kan ibu kota negara ke kota lainnya. Bahkan Indonesia juga sempat beberapa kali memindahakan ibu kotanya, tapi karena alasan politik ibu kota dikembalikan lagi ke Jakarta.

Sebenarnya wacana pemindahan ibu kota sudah ada sejak zaman Soekarno dulu dan kota yang dipilih saat itu adalah Palangkaraya. Dari sekian banyak kota-kota besar di Indonesia empat kota berikut ini digadang-gandang sebagai alternatif ibu kota yang baru.

1. Palangkaraya

Tahun 2010 yang lalu saat Susilo Bambang Yudhoyono masih menjabat Presiden. Wacana pemindahan ibu kota kembali mencuat. Saat itu, kota yang paling senter dibicarakan sebagai calon ibu kota yang baru adalah Palangkaraya. Tapi pemindahan ibu kota negara tidak terealisasi hingga saat ini.

Palangkaraya
Palangkaraya [image source]
Ada beberapa alasan kenapa Palangkaraya dinilai yang paling cocok sebagai ibu kota negara yang baru. Dilihat dari sisi geografis, Palangkaraya ternyata terletak di tengah-tengah Indonesia. Luas wilayahnya juga memadai, daratanya sangat cocok untuk buffer atau benteng pertahanan. Dan yeng terpenting, Palangkaraya juga termasuk daerah yang aman gempa.

2. Pangkalanbun

Baru-baru ini pemerintah Jokowi-JK juga berniat mewujudkan wacana pemindahan ibu kota. Tapi yang dilirik bukan lagi Palangkaraya, melainkan kota Pangkalanbun. Palangkaraya dinilai tak lagi cocok meskipun luas wilayahnya empat kali lebih besar dari Jakarta. Hal ini karena lahan yang layak huni masih sedikit. Selain itu, juga rawan terjadi banjir jika ada kesalahan dalam pembangunan dan pengelolaan kota.

Pangkalanbun
Pangkalanbun [image source]
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Andrinof Chaniago menyatakan Pangkalanbun (ibu kota Kabupaten Kotawaringin Barat) lebih cocok jadi Ibu Kota Indonesia yang baru. Alasannya sudah pasti karena luas wilayah dan kepadatan penduduk yang sesuai dengan kriteria. Selain itu, Pangkalanbun juga termasuk kota yang sangat penting sebagai gerbang provinsi Kalimantan Tengah. Sarana transportsi baik air, darat maupun udara juga sangat memadai.

3. Palembang

Sejak munculnya wacana pemindahan ibu kota, Palembang juga mendapatkan dukungan sebagai calon ibu kota yang baru. Tak hanya dari masyarakat asli Palembang saja, beberapa masyarakat dari daerah lain juga mendukung. Beberapa waktu yang lalu bahkan sempat muncul ungkapan “Kembali Kejayaan Palembang Seperti Zaman Sriwijaya”.

Palembang
Palembang [image source]
Fungsionalitas Palembang sebagai ibu kota memang sudah terbukti, bahkan jauh sebelum Indonesia Merdeka. Palembang pernah menjadi kota yang palin ramai di Nusantara karena menjadi pusat perdagangan dan politik. Dari sisi lingkungan pun Palembang juga tidak rawan bencana alam seperti gempa bumi maupun tsunami seperti daerah-daeah lainnya.

4. Purwokerto

Lokasi yang dinilai cocok sebagai ibu kota yang baru tak hanya terletak di luar pulau Jawa saja. Karena beberapa daerah di Pulau Jawa juga masih ada yang memadai sebagi ibu kota negara. Purwekorto adalah salah satunya, memindahkan ibu kota ke kota di Jawa tidak akan memakan biaya sebesar memndahkan ibu kota ke luar Pulau Jawa.

Purwokerto
Purwokerto [image source]
Jarak yang cukup dekat dengan Jakarta juga akan mempermudah proses perpindahan. Kondisi geografis Purwokerto juga sangat nyaman. Bahkan kantor presiden yang baru dapat diletakkan di daerah Baturaden. Selain Purwokerto, beberapa tempat lain juga ada yang dicalonkan sebagai ibu kota yang baru misalnya saja Cirebon, Karawang dan juga Malang.

Itulah empat kota yang cocok sebagai ibu kota negara. Jika memang nantinya wacana tersebut dapat terealisasi, harapannya pembangunan dan pengelolaanya akan lebih baik lagi. Agar masalah sepert yang terjadi di Jakarta saat ini tidak terjadi lagi.

One Comment

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *