Hina Wartawan, Raffi Ahmad Minta Maaf Secara Langsung

Raffi Ahmad via okezone

Aktor sekaligus presenter Raffi Ahmad belakangan ini makin menjadi sorotan publik setelah penampilannya di acara Happy Show dinilai menghina profesi wartawan. Kasus tersebut pun menjadi sorotan Forum Wartawan Hiburan Indonesia (Forwan) dan Barisan Advokat Bersatu (BARADATU). Mereka meminta tanggungjawab dan penjelasan Raffi atas ucapannya itu.

“Raffi Ahmad telah melecehkan nama wartawan di acara Happy Show. Saya ingin membela harga diri teman-teman wartawan dan saya pribadi sebagai wartawan menganggap ucapan Raffi sudah terlalu melecehkan,” kata Sutrisno Buyil selaku Ketua Forum Wartawan Hiburan di Kantor Baradatu, Ruko Cempaka Mas, Jakarta Pusat, Selasa (3/11).

Raffi Ahmad via okezone
Raffi Ahmad via okezone

Mereka siap memberikan somasi kepada Raffi jika memang dalam waktu 3×24 jam dirinya tidak memberikan penjelasan atau klarifikasi tersebut. “Hari ini kami menyampaikan somasi dan apabila dalam 3×24 jam setelah somasi diberikan, Raffi tidak menyampaikan penjelasan dan permintaan maaf secara serius, kami akan melanjutkan perkara ini ke ranah pidana atau perdata,” ujar Sapriadi Samsudin SH, MH.

Suami Nagita Slavina itu dianggap telah melanggar tindak pidana sesuai dengan pasal 310 dan 311 KUHP dan juncto pasal 27 UU ITE. Secara tindak perdata, dia juga telah melanggar pasal 1372 (KUH Perdata). “Merujuk pada pasal 27 UU ITE, dia terancam hukuman penjara di atas 5 tahun. Dari pedoman perilaku penyiaran dalam pasal 9, maka media bisa saja tidak menyiarkan seluruh acara dia,” tegasnya.

Raffi Ahmad juga telah meminta maaf atas ucapannya yang dinilai menyinggung hati teman-teman wartawan. “Itu mah hanya bercandaan. Saya minta maaf kalau ada yang tersinggung. Setiap akhir acara juga aku selalu minta maaf kok. Semua juga ada di script. Kita juga selalu buat candaan di luar script. Sama teman-teman (media) baik dong. Mereka yang buat saya bisa kaya gini. Saya minta maaf bila salah,” tutup Raffi Ahmad.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *