Rio Haryanto Jalani Tes di Silverstone, Ini Hasilnya

Pebalap Indonesia, Rio Haryanto belakangan ini semakin menunjukkan taringnya di kancah F1 internasional. Baru-baru ini Rio Haryanto menjalani tes tengah musim di Sirkuit Silverstone, Inggris. Ia menjalani tes tersebut bersama timnya, Manor Racing.

Dalam tes tersebut, pebalap berusia 23 tahun itu mengendarai mobil MRT05-01 di tengah kondisi cuaca yang mendung. Namun, tes tersebut berhasil dijalani Rio Haryanto dengan lancar.

“Kami memiliki program pekerjaan pengembangan yang sibuk hari ini dan saya senang kami sudah bisa menyelesaikan semuanya. Pagi ini berjalan sangat mulus karena kondisi yang lebih mendukung, kemudian siang ini cuaca berubah dan bertahan cukup lembab. Hari ini tidak sepenuhnya tentang performa dan kecepatan mobil sesungguhnya, tapi lebih kepada memahami bagaimana mobil terasa dengan mencoba berbagai setelan mekanis dan perkembangan aero baru,” terang Media Relations Rio Haryanto, Cep Goldia melalui email.

Hasil Positif Pada Tes di Sirkuit Silverstone

Rio Haryanto jumpa fans di Silverstone, Inggris [image source]
Tes yang dijalani Rio Haryanto berjalan lancar. Pagi hari kondisi cuaca sangat mendukung. Namun, pada sore hari cuaca berubah sehingga menyebabkan kondisi lintasan menjadi lembab. Rio mengungkapkan bahwa pengembangan yang dilakukan adalah langkah yang positif. Ia senang dapat mengevaluasi perubahan dengan baik sebelum mengikuti balapan selanjutnya di Hongaroring, Hungaria, 22-24 Juli mendatang. Pada tes kali ini Rio mencatat total 64 lap dengan waktu putaran 1 menit 35, 613 detik.

“Pendekatannya selangkah demi selangkah, sedikit di sini, lebih di sana. Saya yakin kami ini akan punya efek positif terhadap perfoma kami saat menjalani paruh kedua musim ini,” ungkap Rio Haryanto

Posisi Rio di Manor Racing Terancam

Rio Haryanto saat beraksi di lintasan [image source]
Rio Haryanto adalah pebalap utama tim Manor Racing. Namun, keberlanjutan Rio bersama tim tersebut masih dipertanyakan. Hal tersebut terkait dengan pelunasan biaya yang telah disepakati sejak sebelum F1 2016 dimulai.

Sampai saat ini pihak Rio masih berhutang 7 juta euro. Sedangkan uang sejumlah 8 euro yang telah dibayarkan pihak Rio hanya mampu membuatnya bisa beraksi hingga F1 di Hungaria mendatang.

Perjuangan Rio Haryanto di kancah F1 internasional memang patut diacungi jempol. Berbagai dukungan juga telah diberikan oleh pemerintah dan penduduk Indonesia. Semoga Rio tetap mampu membawa nama Indonesia di F1 internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *