Hari Ini Pelaksanaan Pilkada Serentak

Presiden Joko Widodo via viva

Hari ini akan diselenggarakan pemilihan kepala daerah (pilkada) secara serentak di seluruh Indonesia, Rabu (9/12). Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilih dengan baik dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak ini. Dia ingin pilkada serentak yang pertama kalinya ini dapat berjalan sesuai yang diharapkan.

“Ini pengalaman pertama pilkada serentak. Saya mengimbau kepada rakyat Indonesia di 269 daerah agar dapat berpartisipasi aktif dalam menggunakan haknya pilih untuk memilih para pemimpin-pemimpin Indonesia,” tutur Presiden Joko Widodo dalam keterangan persnya di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (7/12).

Dalam kesempatan itu, Presiden Joko Widodo juga meminta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Kepala Polri Jenderal Badrodin Haiti untuk memantau dan memastikan jalannya pelaksanaan pilkada supaya dapat berjalan dengan baik. Dia ingin pilkada yang dilaksanakan secara serentak itu berjalan dengan tertib.

Presiden Joko Widodo via viva
Presiden Joko Widodo via viva

Selain itu, perbedaan pendapat mengenai hasil penghitungan suara bisa diselesaikan sesuai peraturan perundang-undangan. “Saya mengimbau pada semua pihak untuk tertib. Bila ada perbedaan dengan hasil pemilihan, bisa diselesaikan secara demokratis, damai, dan dewasa sesuai dengan jalur yang diatur undang-undang,” lanjutnya.

Presiden Joko Widodo juga meminta seluruh rakyat datang ke tiap-tiap tempat pemungutan suara (TPS) yang telah disediakan oleh penyelenggara pemilu sebelumnya. Pilkada ini sangat menentukan kemajuan dan nasib daerah masing-masing. Dia juga mengimbau kepada pihak yang menang nantinya tidak bersikap jumawa. Begitu juga pihak yang kalah tidak kecewa.

“Hal ini merupakan kegembiraan politik. Mari kita meriahkan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *