Heboh, Gua Ini Dihuni 20 Juta Kelelawar! Berani Masuk ?

Gua selain memiliki sisi eksotis berupa stalaktit dan stalakmitnya yang keren, gua juga menjadi rumah binatang malam seperti kelelawar. Anda dapat menemukan ratusan bahkan ribuan kelelawar di dalam gua seperti Gua Lowo di Trenggalek, Gua Ngerong di Tuban hingga Gua Kelelawar di Sulawesi Tenggara. Mungkin Anda sudah pernah mengunjungi salah satunya.

Melihat gerombolan kelelawar dalam jumlah ratusan sudah membuat Anda takjub? Tunggu hingga Anda berkunjung ke Bracken Bat Cave di Texas, Amerika Serikat. Di dalam gua tersebut tinggal tidak kurang dari 20 juta kelelawar. Saat petang menjelang, kelelawar tersebut akan keluar dari sarangnya berjubel seperti laron.

Bracken Bat Cave [Image Source]
Bracken Bat Cave [Image Source]
Bracken Bat Cave merupakan gua yang terletak di Comal County, Texas, Amerika Serikat. Gua ini tercatat sebagai gua dengan populasi kelelawar terbesar di dunia. Bayangkan saja, ada 20 juta ekor kelelawar tinggal di dalamnya. Setiap malam di bulan Mei hingga Oktober adalah waktu parade dari binatang nokturnal tersebut.

Tak heran jika kemudian warga menjuluki Bracken Bat Cave sebagai kerajaan kelelawar. Jika malam telah datang, dari mulut gua selebar 30 meter itu akan keluar jutaan kelelawar yang berlangsung selama berjam-jam. Pada saat itu traveler bisa datang dan menonton fenomena unik tersebut seperti yang terlihat dalam tayangan video berikut ini.

Berdasarkan keterangan dalam situs Bat Conservation International, kelelawar yang tinggal di dalam gua tersebut berjenis Mexican free-tail. Mereka bermigrasi dari Meksiko menuju Texas dengan satu tujuan yaitu untuk beranak. Malam hari digunakan hewan ini untuk berburu mangsa, mereka bisa terbang meninggalkan gua sejauh 96 kilometer di ketinggian 10 ribu kaki sebelum mereka kembali lagi.

Saat kembali setiap dari mereka membawa makanan berupa serangga atau sumber makanan lain yang jika ditotal memiliki berat ratusan ton. Jumlah yang sangat luar biasa namun tidak begitu mengagetkan mengingat ada puluhan juta kelelawar yang membawanya.

Traveler yang ingin melihat bisa datang ke lokasi gua. Pihak pengelola mengijinkan setiap traveler mendekati mulut gua dengan catatan tidak boleh memotret menggunakan lampu flash. Selain melihat jutaan kelelawar beterbangan, Anda juga bisa merasakan sensasi suara kepakan sayap mereka yang bergemuruh seperti akan terjadi badai. Keren!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *