WOW, Tetesan Air Dari Gua Ini Bisa Mengubah Manusia Menjadi Batu!

Anda tentu masih ingat dengan cerita Malin Kundang yang dikutuk menjadi batu. Ternyata di dunia ini terdapat fenomena alam ajaib yang bisa mengubah apa saja menjadi batu, seperti kutukan Malin Kundang. Di mana dan bagaimana fenomena alam tersebut terjadi? Berikut cerita lengkapnya.

Lokasi keberadaan fenomena alam ajaib ini ada di Inggris. Sebuah gua di North Yorkshire menjadi bahan perbincangan traveler dunia karena memiliki legenda yang mengerikan. Konon gua yang memiliki kolam alami di dalamnya ini dikutuk oleh iblis sehingga airnya bisa mengubah benda apa saja menjadi batu.

Gua Mother Shipton [Image Source]
Gua Mother Shipton [Image Source]
Adalah Gua Mother Shipton yang menjadi objek buruan traveler karena legendanya yang seram. Menurut keterangan dari laman resmi Mother Shipton, banyak traveler dari berbagai dunia datang ke sana karena penasaran dengan cerita yang beredar bahwa air tetesan dinding gua yang berasal dari kolam alami di atasnya mampu mengubah benda menjadi batu.

Cerita ini bukanlah isapan jempol semata, ternyata tetesan air dari batu travertine yang ada di gua tersebut memang mampu mengubah benda apa saja menjadi batu. Prosesnya sama seperti terbentuknya stalagtit dan stalagmit gua namun dalam waktu ratusan kali lebih cepat. Warga yang penasaran mengujinya dengan menggantungkan beraneka benda di bawah tetesan air tersebut.

Air dari kolam gua ini dapat mengubah benda menjadi batu [Image Source]
Air dari kolam gua ini dapat mengubah benda menjadi batu [Image Source]
Dalam waktu 3-5 bulan, benda-benda seperti boneka, topeng, hingga topi yang terkena tetesan air selama terus-menerus mengeras dan berubah menjadi batu. Konon menurut legenda, dahulu gua tersebut pernah ditinggali oleh Mother Shipton, seorang anak dari pelacur yang melahirkan di dalam gua. Ia memiliki perawakan seperti penyihir dan juga mampu membuat obat dari tumbuhan dan bunga liar.

Namun karena perawakannya tersebut, warga takut untuk datang ke gua meski mereka tahu bahwa kolam yang ada di dalam gua memiliki khasiat menyembuhkan. Hingga tahun 1538, John Leyland yang merupakan murid Raja Henry VII datang dan mendapati bahwa air pada kolam alami tersebut sangat berbahaya untuk dikonsumsi karena mengandung mineral yang sangat tinggi. Kemudian banyak warga yang percaya jika air kolam tersebut telah dikutuk oleh iblis.

Beberapa benda dari traveler yang digantung untuk membuktikan bahwa air tersebut dapat merubahnya menjadi batu [Image Source]
Beberapa benda dari traveler yang digantung untuk membuktikan bahwa air tersebut dapat merubahnya menjadi batu [Image Source]
Bagi traveler yang masih penasaran bisa berkunjung langsung ke lokasi. Gua Mother Shipton buka setiap hari mulai pukul 10.00-17.00 waktu setempat. Tiket masuk ke lokasi dibanderol dengan harga 6 poundsterling atau Rp.133 ribu untuk orang dewasa dan 4 poundsterling atau Rp. 89 ribu untuk anak-anak berusia 4-15 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *