Google Doodle Peringati Ultah Hedy Lamarr

Hedy Lamarr via merdeka

Google Doodle kembali menampilkan sesuatu yang berbeda pada halaman pencariannya. Animasi karya Jennifer Hom menghiasi Google Doodle dengan menampilkan seorang wanita cantik dengan gaun mewah bernama Hedy Lamarr. Perempuan kelahiran Wina, Austria, 9 November 1913 itu merayakan ulang tahun ke-102.

Google pun membuat video animasi berdurasi 1 menit 16 detik berisi gambar wanita cantik dengan berbagai prestasi yang selama ini ditorehkannya, terutama dalam bidang perfilman, ilmu pengetahuan, dan teknologi. Hedy Lamarr adalah aktris Hollywood yang pernah dijuluki sebagai wanita paling cantik di dunia.

Pemilik nama asli Hedwig Maria Keisler ini awalnya adalah seorang pemain film Extase yang menyedot perhatian produser Hollywood. Dia akhirnya jadi aktris terkenal dan mengganti namanya dengan Hedy Lamarr. Dia berhasil membintangi film terkenal sehingga membuat namanya semakin melambung seperti White Cargo (1942) dan The Female Animal (1957).

Hedy Lamarr via merdeka
Hedy Lamarr via merdeka

Selain itu, dia juga pandai dalam hal teknologi. Hedy Lamarr mematenkan ide yang disebut dengan sistem komunikasi rahasia di tahun 1942. Teknologi pengendali jarak jauh tersebut digunakan untuk Perang Dunia II. Namun tak di sangka, penemuannya tersebut adalah awal dari penemuan ponsel, WiFi, Bluetooth, GPS yang kini sangat populer.

Hedy memulai karir sebagai aktris di usia muda, 18 tahun dan menjadi aktris andalan studio MGM. Tapi Hollywood membuat Hedy bosan. Berbekal pengetahuan teknologi militer yang diperoleh dari suami pertamanya Friedrich Mandle, Hedy berkerja sama dengan temannya komposer George Antheil membangun Secret Communication System.

Sistem yang dibangun pada 1942 tersebut memiliki mekanisme menyerupai piano berfungsi memuluskan sinyal radio. Pemain film populer Samson and Delilah, Tortilla Flat, Lady of the Tropics, Boom Town itu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *