Google Doodle Peringati Ulang Tahun Ke-141 Lucy Maud Montgomery

Google Doodle Lucy Maud Montgomery via google

Google kembali memberikan apresiasi kepada seorang penulis terkenal bernama Lucy Maud Montgomery. Google turut merayakan hari ulang tahun ke-141 Montgomery melalui sebuah google doodle kemarin, Senin (30/11). Montgomery adalah merupakan penulis buku harian. Dia lahir di Clifton, 30 November 1874 dan meninggal di Toronto, 24 April 1942.

Pada halaman utama pencarian google tampak dua gadis kecil yang asyik merumput sambil membaca dan menulis buku di tengah lingkungan asri. Kepala mereka berhiaskan mahkota bunga. Gadis kecil berambut merah dan temannya itu merupakan karakter cerita Anne of Green Gables karya Lucy Maud Montgomery yang diterjemahkan oleh Olivia Huynh.

Sebagai bentuk penghormatan untuk penulis asal Canada itu, Olivia pun membuat beberapa ilustrasi dari beberapa adegan novelnya. Salah satunya adegan ketika Anne dan keluarganya menyantap kue beracun. Saat membuat kue itu, Anne salah memasukkan salah satu bahan baku, seharusnya vanila tapi malah liniment minyak yang tergolong obat pereda sakit.

Google Doodle Lucy Maud Montgomery via google
Google Doodle Lucy Maud Montgomery via google

Wanita yang sering dipanggil L. M. Montgomery itu tak lain adalah seorang penulis Kanada yang primadona. Pada masanya, novelnya terus diburu. Pada tahun 1908, novel pertamanya Anne of Green Gables langsung menjadi best seller. Tahun 1911, Montgomery menikah Rev. Ewan Macdonald dan pindah ke Ontario.

Karyanya hingga kini masih banyak diburu terutama novel anak-anak Anne of Green Gables, sebuah buku yang terus menarik wisatawan ke Montgomery native Prince Edward Island. Selain itu, buku-bukunya juga sudah diterjemahkan ke lebih dari 20 bahasa dan terjual lebih dari 50 juta kopi di seluruh dunia.

Montgomery telah menerbitkan 20 buku, 530 cerita pendek, 500 puisi dan 30 esai. Sebagian besar pekerjaan kreatifnya berpusat di sekitar rumahnya, Prince Edward Island. Sebut saja diantaranya Anne of Green Gables. Novel ini sekaligus awal karir cemerlang Montgomery di dunia sastra. Pada bukunya itu karakter sentral adalah Anne seorang gadis yatim piatu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *