Google Doodle Peringati Hari Ulang Tahun George Boole Ke-200

Google Doodle via google

Mungkin banyak dari kita yang kurang akrab dengan George Boole yang merupakan seorang ahli matematika yang muncul di Google Doodle, Senin (2/11). Kemarin nama George Boole diabadikan sehari di halaman utama mesin pencari Google.

Ketika melihat halaman utama Google, maka akan terlihat sebuah rangkaian huruf aljabar yang nampak meriah penuh warna. Tampak ada notasi huruf X, Y, NOT, OR, AND, juga XOR. Ternyata semua itu dipersembahkan oleh Google bagi sang ahli Matematika, George Boole. Beliau adalah sang pemberi ide sekaligus sang penemu untuk dunia kalkulus.

George Boole adalah jiwa yang sangat pintar dan brilian yang telah menulis sejumlah buku khusus dalam bidang matematika. Tahun 1854, dia mengeluarkan buku yang melambangkan namanya : An Investigation of the Laws of Thought. Umur 39 tahun, dapat dikatakan terlalu tua untuk berkarya. Pemikiran Boole dituangkan lewat postulat dan istilah-istilah sederhana.

Google Doodle via google
Google Doodle via google

Ide brilian Boole tersebut tetap dipakai hingga saat ini. Beberapa Postulat yang telah Boole kembangkan diantaranya adalah lambang pada istilah K, +, X, dimana K merupakan sebuah himpunan yang tak bisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *