Gempa 6,5 SR Mengguncang Jepang, Sejumlah Warga Terluka

Gempa 6,5 SR Mengguncang Jepang via detik

Gempa bumi dengan kekuatan 6,5 Skala Richter (SR) mengguncang Kota Mashiki, Prefektur Kumamoto, Jepang, Kamis (14/2) malam. Tak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan dan tak ada kerusakan yang terdeteksi di pembangkit listrik tenaga nuklir wilayah setempat. Tapi gempa ini telah menewaskan sembilan orang dan lebih dari 700 orang lainnya terluka.

Gempa di Jepang juga mengakibatkan lebih dari 20 bangunan rumah hancur dan kebakaran.
Meskipun kekuatannya tidak sebesar gempa 11 Maret 2011 lalu, namun pusat gempa kali ini berada di lokasi dangkal sehingga berdampak besar. “Getaran keras hingga getaran hebat. Getaran terkuat dirasakan di wilayah yang padat penduduk,” ungkap Myers.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat gempa bumi Kumamoto itu berpusat 11 kilometer sebelah timur Prefektur Kumamoto yang berada di Pulau Kyushu, pulau paling barat daya Jepang. Selain itu, badan cuaca di Jepang mengatakan ada lebih dari 100 gempa susulan dan memperingatkan adanya gempa susulan lanjutan dengan kekuatan 6 SR.

Gempa 6,5 SR Mengguncang Jepang via detik
Gempa 6,5 SR Mengguncang Jepang via detik

Skala gempa bumi yang mencapai 6 SR memang tidak tergolong ekstrem. Akan tetapi pusat gempa yang dilaporkan ada di kedalaman 11 kilometer dari permukaan laut yang dianggap dangkal memainkan peranan penting. “Saat mendapati gempa dangkal seperti ini, akan ada potensi kerusakan lebih besar karena getaran lebih dekat ke permukaan,” kata John Bellini.

Dilaporkan sedikitnya 19 rumah warga hancur akibat gempa bumi ini. Jalanan retak, genteng berjatuhan, dan puing-puing bangunan memenuhi jalanan sekitar Kumamoto. Lebih dari 44 ribu warga dievakuasi ke lokasi yang lebih aman. Sejauh ini korban tewas mencapai 9 orang, sementara itu korban luka cukup banyak yakni mencapai 700 orang.

Pusat gempa di Kumamoto ini sebagian besar ada di daratan bukan laut. Ini artinya gempa ini tidak berpotensi memicu tsunami besar. Pada tahun 2011 lalu, Jepang diguncang gempa berkekuatan 9 SR yang memicu tsunami besar. Sedikitnya sekitar 20 ribu orang tewas dalam bencana yang masih meninggalkan kenangan buruk bagi sebagian besar warga Jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *