Gempa 6,2 Skala Richter Mengguncang Alor

Foto Ilustrasi via bbc

Gempa berkekuatan 6,2 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, Rabu (4/11) pukul 10.44 Wita. Pusat gempa berlokasi di 8,20 Lintang Selatan dan 124,94 Bujur Timur. Gempa berpusat di kedalaman 89 kilometer. “Pusat gempa terletak di laut sekitar 28 kilometer di timur laut Kabupaten Alor,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas I, Kupang Sumarwan.

Akibatnya puluhan rumah di daerah pun rusak. Dua kecamatan yang paling parah diguncang gempa bumi yakni Kecamatan Alor Timur dan Alor Selatan. Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Alor, Marthen Daud Ndaumanu menjelaskan data sementara menunjukkan dampak terparah menimpa Kecamatan Alor Timur.

Foto Ilustrasi via bbc
Foto Ilustrasi via bbc

Bahkan, akses dari Alor Timur ke ibu kota di Kalabahi terputus karena jalan tertimbun batu longsor. Marthen mengatakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat pun sudah membangun sejumlah posko dan bantuan untuk membantu korban gempa tersebut. “Untuk sementara, belum ada korban jiwa yang dilaporkan karena semua pada panik. Kebanyakan para warga mengungsi sementara di kebun,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *