Gempa 6 Skala Richter Mengguncang Mandailing Natal

Foto Ilustrasi via tempo

Gempa berkekuatan 6 Skala Richter melanda Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, Minggu (8/11) pukul 16.34 WIB. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga telah melaporkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Berdasarkan data yang didapatkan dari BMKG Wilayah I Medan, gempa tersebut terjadi di 85 kilometer barat daya Mandailing Natal. Sedangkan lokasi gempa berada di 0,57 Lintang Utara dan 98,71 Bujur Timur dengan kedalaman 96 kilometer di bawah permukaan laut. Ini terasa di wilayah Sumatera Utara dan Sumatera Barat.

Namun, gempa paling kuat terasa di Kabupaten Mandailing Natal selama kurang lebih lima detik sehingga menyebabkan masyarakat panik juga langsung berhamburan keluar rumah. Hal yang sama juga terjadi di Kabupaten Nias.

Foto Ilustrasi via tempo
Foto Ilustrasi via tempo

“Pusat gempa berada di laut namun tak berpotensi tsunami. Kejadian ini terjadi pada pukul 16.34 WIB. Tidak ada laporan terkait korban jiwa dan kerugian material,” kata Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat data Informasi dan Humas BNPB, Minggu (8/11).

Meskipun titik gempa berada di bawah laut, menurutnya gempa ini tidak berpotensi untuk menimbulkan tsunami. BNPB sendiri masih terus melakukan komunikasi dengan BPBD untuk mendapatkan laporan dan petugas masih melakukan pendataan di lapangan.

Sementar itu, Kepala Seksi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mandailing Natal Supardi Lubis mengatakan gempa terjadi di perairan antara pantai Muara Batang Gadis dan Kepulauan Nias. Meskipun getarannya cukup kuat, BPBD Mandailing Natal belum mengetahui tingkat kerusakan akibat gempa tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *