Gempa 5,6 Skala Richter Guncang Yogyakarta

Foto Ilustrasi via republika

Gempa bumi berkekuatan 5,6 Skala Richter kembali terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (11/11) sekitar pukul 18.45 WIB. Berdasarkan informasi resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa yang terjadi berpusat di 120 kilometer arah barat daya Bantul dengan kedalaman 93 km.

Warga terkejut ketika gempa mengguncang daerah mereka sekitar lima menit. Tak hanya itu, sejumlah warga pun langsung menghubungi keluarga yang ada di rumah. “Saya langsung telepon rumah, saya suruh ibu sama adik-adik ke luar rumah sampai gempanya berhenti. (Saya bilang) tidak usah takut. Barusan tadi saya telepon lagi, nggak apa-apa, baik-baik saja. Lalu saya suruh masuk rumah,” kata salah satu warga daerah Maguwoharjo, Sleman.

Foto Ilustrasi via republika
Foto Ilustrasi via republika

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta pun menyatakan hingga pukul 19.30 WIB belum ada laporan kerusakan akibat gempa dengan kekuatan 5,6 skala Richter yang mengguncang wilayah itu. “Info dari teman-teman lapangan yang langsung melakukan identifikasi belum ada kerusakan apa pun,” kata Komandan Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah DIY, Wahyu Pristiawan di Yogyakarta, Rabu (11/11).

Pristiawan mengatakan BPBD DIY bersama BPBD kabupaten/kota terus memantau dampak dari gempa itu karena cukup kuat. Menurutnya, identifikasi lebih digencarkan secara khusus di Bantul sebagai lokasi yang paling dekat dengan episentrum gempa. “Guncangannya cukup kuat dengan durasi lebih lama. Goncangan memang cukup mampu memicu keretakan pada bangunan-bangunan yang sudah tua atau tidak kokoh,” jelasnya.

Pemicu peristiwa gempa yang terjadi itu tidak jauh berbeda dengan gempa tektonik pada 29 Oktober dengan kekuatan 5,2 Skala Richter yang disebabkan subduksi dua lempeng benua di DIY. Getaran gempa ini dirasakan dengan skala goncangan sedang antara IV-V (Modified Mercalli Intensity). “Sama-sama disebabkan subduksi,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *