5 Tempat Eksotis di Indonesia yang Dijadikan Gambar Uang Kertas

Inspirasi liburan bisa didapatkan di mana saja bahkan dalam selembar uang kertas yang mengisi dompetmu. Karena tidak sedikit uang kertas cetakan Bank Indonesia mengambil pemandangan indah alam nusantara yang bisa menginspirasimu untuk pergi ke sana.

Eksotisme alam yang sering digunakan dalam berbagai pecahan uang rupiah itu ada di dunia nyata. Bukan hanya pecahan uang kertas yang masih berlaku saat ini saja, namun uang kertas rupiah zaman dahulu juga telah menyematkan berbagai gambar tempat eksotis sebagai latar belakangnya. Berikut 5 diantaranya.

1. Candi Prambanan pada Uang Kertas Rp.10.000 tahun 1979

Ingat candi Prambanan pasti ingat pula kisah legenda Roro Jonggrang yang meminta Pangeran Bandung Bondowoso untuk membangunkannya 1000 candi dalam satu malam sebagai syarat untuk meminangnya. Singkat cerita akhirnya putri tersebut dikutuk menjadi candi sebagai pelengkap candi ke-1000 yang gagal diwujudkan karena tipu muslihat si putri.

Candi Prambanan pada Uang Kertas Rp.10.000 tahun 1979
Candi Prambanan pada Uang Kertas Rp.10.000 tahun 1979

Buat Anda yang lahir di tahun 70-an, tentu pernah menjumpai gambar candi ini pada uang pecahan Rp.10.000 keluaran tahun 1979. Keberadaan gambar Candi Prambanan di pecahan uang tersebut membuktikan bahwa bangunan bersejarah tersebut telah dikenal sejak dahulu sebagai salah satu ikon pariwisata di Yogyakarta.

2. Danau Kelimutu pada Uang Kertas Rp.5.000 tahun 1992

Generasi 90-an pasti masih ingat betul dengan uang yang satu ini. Uang kertas pecahan Rp.5.000 yang menampilkan alat musik tradisional Sasando dan satu sisi lainnya menggambarkan danau kawah tiga warna yang tidak lain adalah Danau Kelimutu di Ende, Nusa Tenggara Timur.

Danau Kelimutu pada Uang Kertas Rp.5.000 tahun 1992
Danau Kelimutu pada Uang Kertas Rp.5.000 tahun 1992

Kecantika danau kawah ini memang telah dikenal dunia sejak lama hingga akhirnya diabadikan dalam uang kertas pecahan Rp. 5.000 yang dicetak Perusahaan Umum Percetakan Uang republik Indonesia tahun 1992. Danau ini dikenal memiliki tiga warna yang berbeda di mana masing-masing dipercaya sebagai tempat berkumpulnya roh orang yang sudah mati. Di puncaknya traveler juga dapat menangkap keindahan matahari terbit serta pemandangan indah Pulau Flores.

3. Pulau Tidore dan Pulau Maitara pada Uang Kertas Rp.1.000

Coba Anda buka dompet, ada uang kertas pecahan Rp.1.000? Jika ada, lihatlah sisi dibalik gambar Kapitan Pattimura, ada pemandangan alam dengan lautan dan gunung yang eksotis bukan. Di pojok kiri atas gambar terdapat keterangan yang bertuliskan “Pulau Maitara dan Tidore.”

Pulau Tidore dan Pulau Maitara pada Uang Kertas Rp.1.000
Pulau Tidore dan Pulau Maitara pada Uang Kertas Rp.1.000

Anda bisa googling di internet untuk mencari di mana persisnya tempat tersebut, bisa jadi itu pilihan liburan yang menyenangkan. Pulau Tidore dan Maitara yang ada di pecahan uang kertas terkecil ini berada di Maluku Utara. Tempatnya lumayan terpencil tapi sangat cocok jika Anda mencari ketenangan. Traveler yang hendak ke Pulau Tidore dan Maitara bisa melakukan start perjalanan dari Ternate kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan speedboat.

4. Pura Ulun Danu Bratan pada Uang Kertas Rp. 50.000

Masih tentang otak-atik isi dompet nih, sekarang lihat uang kertas Rp. 50.000 yang ada gambarnya I Gusti Ngurah Rai. Di sisi sebaliknya ada pemandangan alam yang letaknya tak jauh-jauh dari asal tokoh di depannya. Yap benar, dalam keterangan disebutkan bahwa itu adalah gambar dari Danau Beratan yang ada di Bedugul, Bali.

Pura Ulun Danu Bratan pada Uang Kertas Rp. 50.000
Pura Ulun Danu Bratan pada Uang Kertas Rp. 50.000

Di tengah danau tersebut terdapat pura yang juga tak kalah tenar, namanya adalah Pura Ulun Danu Beratan. Kawasan danau ini sangat populer di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Kamu yang penasaran dengan pura terbesar kedua di Bali ini bisa menemukannya di Kabupaten Tabanan.

5. Rumah Limas, Museum Balaputera Dewa pada Uang Kertas Rp. 10.000

Keindahan Indonesia yang terpampang pada pecahan uang Rupiah yang terakhir adalah Rumah Limas yang tidak lain adalah rumah tradisional Sumatera Selatan. Mungkin inilah gambar yang paling asing di mata masyarakat karena keberadaannya yang jarang terekspos.

Rumah Limas, Museum Balaputera Dewa pada Uang Kertas Rp. 10.000
Rumah Limas, Museum Balaputera Dewa pada Uang Kertas Rp. 10.000

Rumah Limas sendiri sekarang memang sulit ditemukan bahkan di daerah aslinya. Hal ini disebabkan karena biaya pembangunan rumah yang keseluruhan bangunannya terbuat dari kayu ini sangat mahal. Namun jangan khawatir, Anda bisa berkunjung ke Museum Balaputera Dewa, Palembang untuk menemukan keunikan rumah yang ada di pecahan uang kertas Rp. 10.000.

Itulah tempat-tempat eksotis di Indonesia yang ada pada uang kertas kita. Bagaimana, mudah kan mencari inspirasi traveling.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *