Gagal Jadi Juara MotoGP 2015, Valentino Rossi Tetap Dipuja

Valentino Rossi via tribunnews

Valentino Rossi benar-benar populer di mata dunia. Meskipun gagal menjadi juara MotoGP 2015, Rossi tetap jadi perbincangan banyak orang. Hal tersebut bisa dilihat dari media sosial Twitter. Namanya bertengger di posisi paling atas daftar topik terpopuler dunia.

Rossi harus puas mengakhiri balapan di posisi keempat pada lomba seri terakhir di MotoGP Valencia, Minggu (8/11). Namun, Rossi menulis sejarah baru comeback terbaik mematahkan rekor milik legenda Motor Grand Prix, Max Biaggi. Sejarah mencatat, sejak era 500cc beralih ke MotoGP, belum pernah ada pembalap yang menang saat start dari urutan terakhir.

Sebelum Valencia, Rossi pernah start dari posisi belakang di Losail Qatar pada tahun 2004. Tapi ketika itu, Rossi gagal finish. Rossi mengawali lomba dari urutan 23 di depan Max Biaggi yang start di posisi terakhir ke-24. Pada balapan kali ini, Biaggi melakukan comeback dengan finish di urutan keenam.

Valentino Rossi via tribunnews
Valentino Rossi via tribunnews

Itu menjadi comeback terbaik di MotoGP yang bertahan selama 11 tahun. Namun rekor itu dipatahkan Rossi di seri pamungkas MotoGP tahun ini pada sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Start dari urutan 26, Rossi menyentuh garis finish di peringkat keempay. Tetapi Rossi belum bisa memecahkan rekor, bisa juara start dari posisi terbuncit.

Perlahan tapi pasti Rossi menyodok ke urutan pembalap terdepan. Salah satu yang paling menarik perhatian, di lap pertama Rossi sudah berada di peringkat. Total Rossi naik 21 posisi dalam 12 lap. Puncaknya di lap 12, pembalap asal Italia ini mampu menyodok ke peringkat 4 setelah melibas rekan senegaranya, Andrea Dovizioso yang menggeber Ducati.

Namun, sampai di situ manuver Rossi. Dia kesulitan mengejar tiga pembalap di depan, Dani Pedrosa, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo yang akhirnya keluar sebagai juara dunia. Pada akhir musim, Valentino Rossi hanya berhasil mengoleksi 325 poin. Sementara, Jorge Lorenzo mampu memiliki 330 poin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *