5 Filosofi Hidup Orang Minangkabau Yang Buatmu Terkagum-kagum

Orang Minangkabau atau sering disebut orang Minang merupakan salah satu kumpulan orang terpelajar di Indonesia. Banyak bukti orang yang lahir di daerah Minangkabau menjadi panutan orang-orang di sekitarnya. Sebut saja Imam Bonjol, Mohammad Hatta dan juga Sutan Sjahrir yang merupakan orang terkemuka di Indonesia.

Selain memiliki orang terpelajar dan berpengetahuan luas, orang minang juga terkenal dengan filosofi hidupnya yang membuat kita terkagum-kagum. Seperti di bawah ini.

1. Hiduik Baraka, Bauke Jo Bajangko

Hiduik berarti hidup sedangkan Baraka berarti berfikir. Sementara Bauke Jo Bajangko memiliki arti berukur dan berjangka. Seperti pengertiannya dari tiap istilah, filosofi ini memiliki arti bahwa dalam kehidupan orang minang dituntut untuk selalu berfikir dengan akal dan direncanakan dengan jelas.

Hiduik Baraka, Bauke Jo Bajangko
Hiduik Baraka, Bauke Jo Bajangko [Image Source]
Segala hal harus direncanakan dengan jelas dan perkiraan yang tepat. Hal inilah yang membuat mereka mempunyai pemikiran yang tidak main-main. Buah dari pemikiran tersebut benar-benar dibuat untuk kesejahteraan di kehidupan selanjutnya. Bahkan sebuah cita-cita sudah diperhitungkan matang sejak berusia dini.

2. Baso Basi, Maju Jo Sopaan

Selain merencanakan segala hal sebelum melaksanakan, orang minang juga selalu mengutamakan sopan santun dalam pergaulan. Yang manjadi martabat mereka adalah nilai budi pekerti yang tinggi.
Tak heran jika bertemu dengan orang minang, mereka sopan dan santun terhadap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *