Apa Kabar Nasionalismemu Hari Ini?

Perayaan kemerdekaan Indonesia telah usai tanggal 17 Agustus Kemarin. Berbagai macam acara untuk memperingatinya pun banyak diadakan, Mulai dari upacara bendera hingga lomba-lomba khas 17-an.

Lalu bagaimana dengan nasionalisme bangsa Indonesia saat ini? Apakah peringatan kemerdekaan Indonesia hanya dilalui begitu saja dengan kegiatan-kegiatan tersebut? Nyatanya, Nasionalisme bangsa kita semakin hari kini semakin surut karena digerogoti oleh perkembangan zaman itu sendiri.

Nasionalisme
Nasionalisme [image source]
Bahkan Bung Karno, tokoh nasionalisme yang berhasil menyatukan bangsa Indonesia, menyebut perkembangan zaman yang dibalut dengan istilah globalisasi sebagai neo-imperialisme. Memang saat ini sudah jarang generasi muda yang benar-benar sadar dan peduli terhadap nasionalisme.

Misalnya saja dalam hal kesenian tradisional Indonesia yang juga mulai dilupakan. Setelah kesenian tersebut diklaim oleh negara lain sebagai miliknya, barulah semangat nasionalisme itu timbul. Miris sekali bukan? Bangsa kita seakan terlena dengan produk-produk globalisasi dan melupakan budaya-budaya yang herusnya kita jaga dan dilestarikan.Untuk mengobarkan semangat nasionalisme, seorang pengguna facebook bernama Adi Seseq mengunggah sebuah film pendek yang kaya akan pesan moral untuk generasi bangsa Indonesia.

 

Film tersebut memperlihatkan beberapa orang yang dulunya berjuang melawan tentara-tentara penjajah saat perang kemerdekaan Indonesia. Mereka menceritakan saat-saat berada di medan perang. Salah satu yang bercerita adalah Soekron bin Raden Soemandikarta. Ia megatakan bahwa saat itu semangat para pemuda untuk meraih kemerdekaan memang luar biasa, walaupun hanya bersenjatakan tongkat-tongkat kayu. Tapi kini semangat untuk mengisi kemerdekaan tersebut justru tak sebesar semangat para pejuang dalam merebut kemerdekaan.

Selain para tokoh pejuang dalam film tersebut juga ada beberapa generasi masa muda masa kini yang memberikan pendapat mereka tentang peringatan kemerdekaan Indonesia, menceritakan bagaiamana generasi saat ini memperingati kemerdekaan Indonesia.

Semoga film pendek karya Adi tersebut dapat menyadarkan kita semua tentang pentingnya rasa nasionalisme. Tentu saat ini bukan zamannya lagi berperang melawan penjajah, tapi kita tetap bisa berperang yaitu melawan kebodohan. Agar bangsa Indonesia dapat hidup lebih cerdas dan mengisi kemerdekaan ini dengan prestasi. Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-70.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *