FIFA Akan Mencabut Pembekuan Terhadap PSSI

PSSI via kompas

Federation of International Football Association (FIFA) akan mencabut pembekuan terhadap Persatuan Sepakbola Indonesia (PSSI). Hal ini disampaikan Ketua Tim Ad Hoc Reformasi PSSI, Agum Gumelar setelah bertemu Presiden Joko Widodo serta Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (24/2).

Agum mengatakan dirinya akan segera terbang ke markas FIFA di Zurich, Swiss. Hal itu dia lakukan karena pemerintah telah sepakat untuk menyelenggarakan lagi kompetisi sepakbola di Indonesia. “Kabar baik, PSSI akan segera diaktifkan kembali. Saya harus melapor ke Zurich secepatnya,” kata Agum Gumelar di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (24/2).

Agum menuturkan unsur pemerintah akan masuk dalam tim Ad Hoc. Sementara itu, kongres luar biasa PSSI harus dilakukan sesuai statuta FIFA. Karena itulah, nanti akan digelar kongres luar biasa PSSI untuk memilih pengurus yang baru. Sehingga nantinya akan ada perombakan besar-besaran terhadap pengurus yang lama ataupun saat ini.

PSSI via kompas
PSSI via kompas

Pihak dari Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) akan masuk dalam Tim Ad Hoc di dalam kongres luar biasa. “Untuk semacam kongres luar biasa, saya sampaikan bahwa itu memang harus dalam jalur sistem. Kalau mau kongres luar biasa, harus lewta jalur statuta. Kemenpora akan mengawasi melaksanakan reformasi serta mengawasi jalannya organisasi PSSI yang akan diaktifkan kembali,” ungkapnya.

Sementara itu, Menpora Imam Nahrawi mengatakan bahwa pencabutan sanksi pembekuan PSSI masih akan dibahas secara mendalam dari semua aspek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *