Edhi Sunarso Sang Pembuat Patung Pancoran

Patung Pancoran via tempo

Pembuat patung ternama Tanah Air, Edhi Sunarso meninggal dunia pada pukul 22.53 WIB di ICU Jogja Internasional Hospital, Senin (4/1). Karya dari almarhum yang paling legendaris adalah Patung Dirgantara atau masyarakat sering menyebutnya Patung Pancoran lantaran letaknya yang berada di bilangan Pancoran, Jakarta Selatan.

Patung tersebut menggambarkan lelaki kekar tengah menunjuk ke arah utara pakai tangan kanannya dengan posisi setengah jongkok. Banyak penafsiran berbeda-beda tentang bentuk patung ini. Salah satunya kabar apabila arah itu menunjukkan lokasi harta karun Soekarno. Meski patung ini dibuat oleh almarhum Edhi Sunarso, ide pembuatan saat itu berasal dari Presiden Soekarno untuk mengingatkan tentang dunia penerbangan Indonesia.

Patung Pancoran via tempo
Patung Pancoran via tempo

Patung ini menggambarkan manusia angkasa yang menggambarkan semangat keberanian bangsa Indonesia untuk menjelajah angkasa raya. Patung ini dirancang Edhi semenjak tahun 1964 hingga 1965. Dalam perjalanannya, pembuatan patung sempat terhenti karena adanya peristiwa Gerakan 30 September PKI pada tahun 1965. Patung tersebut pun akhirnya selesai dikerjakan satu tahun setelah peristiwa tersebut terjadi.

Patung Dirgantara terbuat dari bahan perunggu seberat 11 ton, tinggi patung mencapai 11 meter, sementara tinggi voetstuk atau kaki patung 27 meter. Pembiayaannya berasal dari kantong pribadi Soekarno yang menjual sebuah mobil pribadinya. Tidak hanya membiayai, proses pemasangan Patung Dirgantara juga selalu ditunggui oleh Soekarno. Soekarno juga detail memperhatikan setiap pembangunan patung termasuk arah patung.

Karena hal itulah kemudian muncul kabar Soekarno memiliki rencana tersendiri atas Patung Dirgantara. Soekarno dikabarkan menyimpan harta karun pada suatu tempat dan lokasi itu ditunjukan oleh patung perunggu tersebut. Patung itu pun tegak di 1962 dan menyapa para tamu peserta Asian Games yang berlaga di Istora Senayan. Inilah monumen pertama hasil eksperimen seniman Indonesia dan salah satu proyek mercusuar Soekarno. Ini jadi lambang semangat Soekarno dan negeri yang baru bangkit dari penindasan penjajahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *