Diguyur Hujan Deras, Hotel Club Bali Roboh

Hotel Club Bali Roboh via wowkeren

Tim gabungan kemarin menyelesaikan proses evakuasi robohnya Hotel Club Bali, komplek Kota Bunga, Cipanas, Cianjur, Kamis (10/3). Tiga orang korban ditemukan dalam kondisi tak bernyawa. Tiga orang itu adalah Budi Tanwardi Supena dan istrinya Meirina, pria bernama Bun Susanto. Budi dan Meirina berada di kamar nomor 145, Bun terjebak di kamar 144.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cianjur, Asep Suparman mengungkapkan ketiga korban dipastikan telah meninggal dunia. Asep mengungkapkan kabar ini setelah melihat situasi di lapangan. Selain itu, sudah tidak terdengar lagi suara rintihan korban dari balik reruntuhan.
“Kita sudah mengetahui titik kamar dimana tubuh korban berada. Melihat kondisinya kami pastikan korban sudah meninggal dunia,” ujar Asep Suparman, Kamis (10/3).

Hotel Club Bali Roboh via wowkeren
Hotel Club Bali Roboh via wowkeren

Kini proses evakuasi korban dikabarkan dihentikan untuk sementara waktu. Hal ini lantaran kondisi hujan deras yang mengguyur lokasi kejadian. “Mereka terhimpit tembok beton. Yang di kamar 145 tertimpa tembok beton, sementara yang di kamar 144 posisinya juga terhimpit beton. Tadi sudah kita lihat posisinya seperti menahan balok beton. Kemungkinan kita lanjut besok karena kondisi tidak memungkinkan. Tapi petugas masih terus berupaya,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakapolda Jawa Barat Brigjen M Taufik mengaku belum bisa menyimpulkan apakah ada dugaan pelanggaran atau kelalaian dalam kejadian itu. Menurutnya, hal itu baru diketahui setelah pemeriksaan. “(Dugaan pelanggaran) Tentu harus ada pemeriksaan saksi-saksi konstruksi, saksi-saksi masalah bencana alam, serta lainnya. Belum ada yang diperiksa. Kita fokus upaya penyelamatan dulu,” kata M Taufik di Lapas Sukamiskin Bandung.

Sebelumnya, personel sudah menyelamatkan sekitar delapan orang dalam insiden tersebut. Mereka dapat diselamatkan meski mengalami luka. Hotel Club Bali mengalami longsor dari ketinggian 40 meter, Rabu (9/3). Hal itu dikarenakan hujan deras yang terus mengguyur daerah Cianjur. Tebing di belakang hotel tersebut longsor sehingga menyebabkan bangunan ambruk. Selain menenggelamkan sejumlah orang, beberapa kendaraan juga ikut tertimbun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *