Caroline Herschel Sang Penemu Komet Berulang Tahun Ke-266

Google Doodle Caroline Herschel via google

Google Doodle hari ini mengangkat tema Caroline Herschel. Tokoh google doodle ini tengah merayakan ulang tahunnya yang ke-266, Rabu (16/3). Oleh karena itu, tim doodle membuat gambar doodle ulang tahun untuk Herschel. Istimewanya tim Doodle tidak memberi gambar biasa tetapi dalam bentuk gambar bergerak.

Caroline Herschel adalah seorang astronom terkenal di dunia. Dia adalah wanita kelahiran Jerman yang menjadi astronom setelah kakaknya yang juga seorang astronom terkenal, Sir William Herschel. Semenjak kecil Herschel telah tertarik dengan dunia astronomi. Salah satu prestasinya tak lepas dari dunia astronomi, Herschel menemukan beberapa komet.

Google Doodle Caroline Herschel via google
Google Doodle Caroline Herschel via google

Komet yang ditemukan Caroline Herschel adalah 35P atau komet Herschel-Rigollet. Komet ini ditemukan pada tanggal 21 Desember 1788 dengan periode orbit 155 tahun. Komet ini menyandang nama keluarganya, Herschel. Dia tercatat sebagai astronom wanita pertama yang memberikan kontribusi dalam pengetahuan alam.

Selain itu, Caroline Herschel juga mendapatkan bayaran dari ilmu pengetahuannya. Semasa pengabdiannya sebagai salah satu astronom, wanita kelahiran Hanover 16 Maret 1750 itu mendapatkan penghargaan berupa Golden Medal Royal Astronomical Society. Dia bahkan rela meninggalkan kota kelahirannya untuk berkarya dan menetap di Inggris tahun 1772.

Caroline Herschel merupakan anak kedelapan sekaligus putri keempat dari pasangan Ishak Herschel dan Anna Ilse Moritzen. Pada saat William

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *