Ledakan Besar Bom Bunuh Diri di Istanbul

Ledakan bom bunuh diri kembali terjadi. Kali ini aksi terorisme tersebut terjadi di bandara paling sibuk di dunia ke-3, Bandara Internasional Istanbul. Pada hari Selasa (28/7) sekitar pukul 21.50 waktu setempat, Bandara Internasional Istanbul digoncang ledakan bom yang besar.

Dilansir dari Reuters, kelompok militan ISIS dituduh bertanggung jawab atas insiden yang menewaskan 36 orang dan melukai sekitar 150 orang. Korban meninggal kebanyakan adalah warga Turki, tapi beberapa warga asing juga tak luput dari serangan teroris.

Menurut para saksi, sebelum meledakkan diri para teroris ini sempat melepaskan tembakan secara membabi buta. Aksi ini membuat pengunjung bandara tiarap dan lari untuk menyelamatkan diri. Setelah itu, ketiga teroris yang tak mengenakan penutup wajah turun ke lantai bawah dengan eskalator dan melepaskan beberapa kali tembakan, kemudian terdengar ledakan.

Polisi sempat menembak dua teroris, namun tindakan tersebut gagal, karena mereka segera meledakkan diri.

“Ledakan yang terjadi sangat besar dan keras. Atap bandara runtuh. Mengerikan berada di dalam bandara, kerusakannya sangat parah,” ujar Ali Tekin, salah seorang saksi mata.

Aksi Terorisme yang Menjadi Ancaman Global

Suasana di Bandara Attaturk setelah pengeboman [image source]
Suasana di Bandara Internasional Istanbul setelah pengeboman [image source]
“Insiden ini jelas menjadi ancaman global. Aksi terorisme keji ini sengaja menjadikan warga sipil sebagai targetnya,” ungkap perdana menteri Binali Yildirim.

Karena kejadian tersebut, jadwal penerbangan di Bandara Internasional Istanbul terganggu. Banyak penerbangan yang dibatalkan dan menyebabkan kerugian dalam jumlah yang sangat besar. Beberapa penerbangan menuju Bandara Internasional Istanbul juga sempat dialihkan, tapi tak lama kemudian lalu lintas udara di Bandara Internasional Istanbul berlanjut.

Ledakan di Bandara Internasional Istanbul Turki ini membuat Amerika Serikat segera bertindak. Mereka menempatkan pengamanan yang ketat di bandara dan beberapa titik kota New York dan New Jersey.

Turki yang tengah berjuang melawan kelompok militan Kurdi juga sempat dihujani beberapa aksi ledakan bom bunuh diri tahun ini. Dua aksi bom bunuh diri yang diduga dilakukan oleh ISIS terjadi di kota Istanbul. Kemudian, mobil peledak juga sempat meneror Kota Ankara, kejadian ini diduga merupakan aksi kelompok militan Kurdi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *