Arya Permana, Bocah Tergemuk di Indonesia Dilarikan ke Rumah Sakit

Kesehatan anak-anak patut dijadikan yang nomor satu. Dengan begitu, mereka dapat menikmati hidup dan tetap bisa ceria bermain-main dengan teman sebayanya. Menjaga kesehatan anak juga merupakan investasi untuk mereka di masa depan.

Salah satu yang harus dijaga adalah berat badan. Mereka harus memiliki berat badan yang ideal sesuai dengan usianya. Sayangnya, hal tersebut tak dialami oleh Arya Permana.

Bocah berusia 10 tahun ini memiliki berat badan diluar kewajaran untuk anak seusianya. Ia memiliki bobot sekitar 190 kilogram. Kondisi tubuhnya yang mengalami obesitas akut tersebut membuatnya tak bisa melakukan kegiatan secara maksimal. Kerap kali ia tersengal-sengal saat baru berjalan sekitar 10 meter. Lantaran ruang gerak yang terbatas tersebut, ia putus sekolah.

Arya Permana Mendapat Perawatan Intensif

Arya Permana saat di RSHS [image source]
Arya Permana saat di RSHS [image source]
Kasus obesitas yang dialami Aria Permana menarik perhatian dokter di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Senin siang sekitar pukul 13.15 Arya Permana dilarikan ke RSHS Bandung. Kedatangannya di RSHS ini untuk menjalani perawatan intensif. Bacah kelas 4 SD asal Kampung Pasir Pining RT002/001 Desa Cipurwasari Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang ini didampingi oleh orang tuanya, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dan Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Alma Lucyati.

Dilansir dari Antara News, RSHS mengerahkan 13 dokter untuk menangani pengobatan dan perawatan bagi Arya Permana.

“Tim khusus berjumlah 13 orang dokter ini terdiri dari dokter ahli gizi anak, endokrin anak, tumbuh kembang anak, patalogi klinik, radiologi, bedah anak, ortopedi anak, psikiater anak dan rehabilitasi medik,” ungkap Direktur Medik dan Keperawatan RSHS Bandung, dr Nucki Nursjamsi Hidayat.

Mereka akan menyelidiki penyebab obesitas yang diderita Arya. Setelah itu, mereka juga akan mengatur program diet untuk Arya serta mengedukasi pihak keluarga agar berat badannya mencapai ideal. Dari pemeriksaan awal, kondisi Arya masih dalam batas aman.

Bocah Tergemuk Nomor 2 di Dunia

Arya Permana diantara teman-temannya [image source]
Arya Permana diantara teman-temannya [image source]
Kasus obesitas yang dialami oleh Arya Permana ini baru pertama kali terjadi di Indonesia. Selain itu, ada keunikan dalam kasus obesitas Arya Permana. Meskipun memiliki berat badan sekitar 190 kg, Arya Permana tak mengalami gangguan atau penyakit metabolik seperti asam urat, kolesterol dan lainnya.

Menurut Nucki, Arya Permana termasuk bocah tergemuk ke-2 di dunia. Hal itu ia simpulkan setelah googling dan menemukan fakta, bahwa berat badan Arya Permana ada di bawah berat badan seorang gadis berusia 8 tahun di luar negeri. Berat gadis berusia 8 tahun tersebut adalah 420 lbs atau sekitar 191 kg.

Menjaga berat badan sejatinya tak hanya dilakukan pada anak-anak saja. Kita yang dewasa juga perlu menjaga agar berat badan tubuh kita ideal. Dengan menjaga kesehatan, kita bisa melakukan aktivitas dengan maksimal dan harapan hidup pun lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *