8 Hal Aneh dan Mengejutkan yang Ditemukan di Dasar Laut di Seluruh Dunia

Laut selain menyimpan sisi eksotisnya, juga menyembunyikan banyak hal-hal mengejutkan di dasarnya. Berbagai temuan benda aneh telah membuat mata dunia terbelalak betapa angkernya dasar laut, mulai dari temuan reruntuhan kapal yang tenggelam, tengkorak manusia hingga sisa-sisa kota yang terkubur oleh laut.

Menyelami laut hal pertama yang paling diharapkan adalah bertemu dengan beragam terumbu karang yang cantik. Namun tidak semua dasar laut diisi dengan karang cantik dan biota laut yang lucu, beberapa di antaranya penuh dengan tengkorak manusia hingga tumpukan kapal yang tenggelam. Berikut 8 hal aneh dan mengejutkan yang pernah ditemukan di dasar laut.

1. Armada Hantu, Chuuk Lagoon, Mikronesia

Chuuk Lagoon, tidak banyak yang tahu di mana lokasi tempat tersebut. Ini merupakan kepulauan yang ada di kawasan mokronesia. Jika membuka peta jajaran pulau ini terlihat sangat kecil atau bahkan tidak terlihat, lokasinya berada di timur laut Papua Nugini. Di sanalah pernah terjadi kisah mencekam di zaman perang.

Armada Hantu [image source]
Armada Hantu [image source]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Chuuk Lagoon merupakan basis utama Jepang di Pasifik Selatan selama Perang Dunia II, namun pada tahun 1944 pasukan sekutu yang dipimpin Amerika Serikat membombardir tempat itu dan menghancurkan lebih dari 300 pesawat. Dua puluh tahun berselang, penyelam dunia menyelidiki situs tersebut, dan betapa kagetnya saat mereka menemukan banyak tengkorak manusia yang terjebak di dalam kendaraan yang tenggelam di dasar laut.

2. Reruntuhan Pesawat, Kepulauan Marshal

Seorang penyelam dari Wisconsin bernama Brandi Mueller melakukan scuba diving di perairan Kepulauan Marshall. Dari penyelaman tersebut ia mendapatkan pemandangan yang membuat kaget. Dasar laut di kawasan tersebut berisi penuh dengan ratusan pesawat pada masa Perang Dunia II yang dikabarkan hilang selama 70 tahun.

Reruntuhan Pesawat [image source]
Reruntuhan Pesawat [image source]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto-foto tersebut mengungkap keberadaan 150 pesawat yang hilang selama perang. Semuanya berada di dasar Samudera Pasifik sedalam 40 meter. Selama 70 tahun terkubur di sana, kebanyakan bangkai pesawat dalam berbagai posisi ini telah ditumbuhi karang dan menjadi rumah bagi binatang laut. Beberapa jenis pesawat yang ditemukan di dasar laut ini antara lain jenis Douglas, pesawat pengebom SBD Dauntless, F4U Corsair dan TBF / Avengers TBM.

3. SS President Coolidge, Samudera Pasifik

SS President Coolidge merupakan kapal laut Amerika yang sangat megah pada zamannya. Kapal ini selesai dibuat pada tahun 1931 dan dioperasikan oleh Dollar Steamship Lines hingga tahun 1938 sebagai kapal pesiar yang mengangkut para wisatawan sebelum digantikan oleh American President Lines hingga tahun 1941 sebagai kapal militer.

SS President Coolidge [image source]
SS President Coolidge [image source]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tugas utama dari kapal ini adalah mengangkut tentara untuk perang yang berlangsung mulai tahun Desember 1941 hingga Oktober 1942. Sayang pada misi terakhirnya kapal ini menabrak tambang bawah laut yang menyebabkan lambungnya pecah dan berakibat pada tenggelamnya kapal di wilayah New Hebrides, Samudera Pasifik.

4. Sungai Bawah Air, Meksiko

Ini merupakan penemuan yang paling menarik di bawah air. Adalah Cenote Angelita, kolam alami sedalam 60 meter yang disakralkan oleh Suku Maya. Letaknya berada di pedalaman hutan Meksiko tak jauh dari situs bekas kota Suku Maya, Tulum.

Sungai Bawah Air [image source]
Sungai Bawah Air [image source]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Yang menarik adalah jauh di dasar kolam ini terdapat sungai yang mengalir seperti di permukaan bumi. Air sungai dengan kolam tidak menyatu sehingga aliran sungai tersebut terlihat nyata. Ternyata kedua air tersebut memiliki kandungan yang berbeda. Air sungai memiliki kadar garam yang tinggi dibanding air kolam. Dengan begitu terciptalah fenomena sungai bawah air seperti yang terlihat pada gambar.

5. Bangkai Kapal Titanic, Samudera Atlantik

Daftar ini tidak lengkap tanpa menyebutkan Titanic sebuah kapal super mewah yang mengalami nasib tragis pada pelayaran perdananya. Kapal terbesar dan termewah di zamannya yang mengangkut 1.500 penumpang dan awak ini menabrak gunung es pada tahun 1912 dan tenggelam di Samudera Atlantik.

Bangkai Kapal Titanic [image source]
Bangkai Kapal Titanic [image source]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kini setelah lebih dari seratus tahun terkubur di dasar lautan masih banyak peneliti yang melakukan riset ke situs bangkai kapal yang kisahnya diangkat ke dalam layar lebar dan sukses menjadi film terlaris sepanjang masa selama puluhan tahun. Foto bangkai kapal Titanic bisa dilihat pada foto di atas.

6. Komputer Tertua di Dunia

Benda aneh ini ditemukan oleh penyelam Yunani pada tahun 1900-an. Setelah diteliti benda tersebut merupakan barang elektronik semacam komputer analog kuno.

Komputer Tertua di Dunia [image source]
Komputer Tertua di Dunia [image source]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada dasarnya, alat tersebut digunakan untuk memprediksi pergerakan bintang-bintang dan bulan. Yang mengejutkan adalah umur benda tersebut diperkirakan berasal antara tahun 205 dan 100 Sebelum Masehi.

7. Roket Apollo 11

Pada bulan Maret 2013, sebuah penyelaman yang bermisi untuk mencari harta karun di bawah laut menemukan benda yang sangat berharga yaitu roket pesawat luar angkasa Apollo 11 yang menjalani misinya ke luar bumi di tahun 1969.

Roket Apollo 11 [image source]
Roket Apollo 11 [image source]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Misi tersebut dipimpin oleh CEO Amazon, Jeff Bezos. Artefak zaman modern tersebut ditemukan di wilayah yang dirahasiakan. Kini benda bersejarah yang menjadi bukti adanya sebuah penerbangan yang legendaris telah dipajang di Kansas Cosmosphere dan Space Center.

8. Meriam Bajak Laut, Amerika Serikat

Pernah suatu masa di tahun 1718 terdapat bajak laut paling terkenal bernama Blackbeard kehilangan kapalnya karena berlayar di perairan dangkal di lepas pantai Beaufort, Carolina Utara, Amerika Serikat.

Meriam Bajak Laut [image source]
Meriam Bajak Laut [image source]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada insiden itu ia kehilangan kapalnya yang tenggelam ke dasar samudera namun tidak ada bukti otentik yang mendukung cerita tersebut hingga akhirnya tahun 2013, North Carolina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *