Banyu Biru Resmi Mundur Dari Anggota BIN

Kepala BIN, Sutiyoso via sindonews

Banyu Biru Djarot, artis dan pengusaha sekaligus anak dari sutradara kenamaan Eros Djarot akhirnya resmi mengajukan pengunduran diri sebagai anggota Badan Intelijen Negara (BIN). Kepala BIN, Sutiyoso mengaku sudah menerima surat pengunduran diri dari Banyu Biru dari posisi Dewan Informasi Strategis dan Kebijakan (DISK).

Sutiyoso pun akan segera mencarikan pengganti Banyu Biru. “Beritanya adalah pagi ini saya menerima surat pengunduran dirinya (Banyu Biru). Sudah resmi,” ungkap Sutiyoso di Istana Merdeka, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (3/2).

Sutiyoso mengungkapkan salah satu alasan pengunduran diri Banyu Biru adalah karena yang bersangkutan telah memposting SK pengangkatannya pada media sosial Path miliknya yang kemudian menuai berbagai komentar miring dari netizen. Dia juga menjelaskan Banyu Biru sudah tidak cocok bekerja dengan posisi di bidang intelijen.

Kepala BIN, Sutiyoso via sindonews
Kepala BIN, Sutiyoso via sindonews

“Ya itu karena peristiwa itu, dia mengundurkan diri. Jadi saya kira itu sudah perkembangan termutakhir itu saja. Saya minta itu tidak jadi berita lagi lah. Rasanya sudah merasa sudah tidak sesuai dengan tugas di situ. Dia juga mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepadanya. Tunggu saja perkembangannya,” jelasnya.

Untuk itu, Sutiyoso akan segera mencari pengganti putra Eros Djarot tersebut. Kepala BIN berharap kejadian serupa tidak akan terulang baik kepada pejabat BIN atau para agen BIN. “Nanti kita akan rekrut kembali. Oh iya pasti itu memang dilarang dan itu baru pertama kali terjadi juga. Itu nggak terlalu merugikan negara, tetapi kan ini kode etik,” tegasnya.

Belajar dari pengalaman itu, Sutiyoso mengimbau agar personel BIN lainnya menghindari kesalahan serupa. Aksi Banyu Biru yang memamerkan SK pengangkatan itu telah melanggar kode etik intelijen. Namun hal itu tidak sampai merugikan negara. “Itu memang dilarang. Itu merugikan dirinya sendiri saja. Makanya dia mengundurkan diri,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *