WOW! Bangunan Ini Berbentuk Sama Dengan Barang yang Diproduksi di Dalamnya

Sebagian besar perusahaan menggunakan beberapa media iklan untuk mempromosikan produk mereka. Cara ini dianggap paling efektif untuk memperkenalkan produk mereka kepada masyarakat luas. Namun 7 usaha berikut ini mengambil cara unik dalam berpromosi. Mereka tak cuma sekedar memasang iklan namun juga membangun bangunan tempat produksi barang mereka dengan bentuk sama yang merepresentasikan produk perusahaan mereka.

Tanpa melihat iklan di baliho-baliho jalan raya atau media elektronik, orang-orang yang melihat bangunan ini akan langsung tahu produk apa yang dijual di sana. Mulai dari bangunan berbentuk sepatu hingga ikan, bangunan unik dan kreatif ini mampu menarik banyak rasa penasaran dari orang-orang untuk datang. Berikut 7 bangunan berbentuk barang produksi.

1. The Donut Hole, La Puente, California, Amerika Serikat

Di zaman yang modern seperti ini menuntut manusia untuk melakukan aktivitasnya dengan cepat. Maka tak heran jika beberapa layanan menggunakan sistem drive-thru di mana seseorang tidak perlu keluar dari mobil untuk melakukan pembelian suatu barang atau hal-hal lainnya. Seperti di La Puente, California ini misalnya, sebuah perusahaan kue membuka toko drive-thru yang tujuannya memudahkan pelanggan yang mau membeli.

The Donut Hole [Image Source]
The Donut Hole [Image Source]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alih-alih membangun gedung yang megah, perusahaan ini malah membangun gedung yang berbentuk seperti donat, sesuai dengan jenis kue yang mereka jual. Ada dua donat raksasa yang diletakkan pada pintu masuk dan keluar. Donat raksasa ini berukuran tinggi 8 meter sehingga atap mobil tidak akan tersangkut saat melewatinya. Perusahaan tersebut telah beroperasi sejak tahun 1968 dan dengan cara ini mereka mampu menarik banyak pelanggan untuk berbelanja.

2. Museum Toilet, Korea Selatan

Awal pembangunannya di tahun 2007, tidak ada niat dari sang pemilik untuk membuatnya sebagai pusat bisnis. Namun sejak awal, bangunan yang tidak lain adalah milik presiden Asosiasi Toilet Dunia ini memang sengaja dibangun dalam bentuk seperti toilet. Pada waktu itu gedung yang unik ini berfungsi sebagai rumah pribadi yang terdiri dari dua lantai.

Museum Toilet [Image Source]
Museum Toilet [Image Source]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kini bangunan berbentuk toilet raksasa yang nyentrik ini berubah fungsi menjadi Museum Toilet. Anda bisa berkunjung ke kawasan Suwon, Korea Selatan untuk melihatnya. Museum Toilet tersebut menempati lahan seluas lebih dari 1.300 meter persegi yang menampilkan berbagai karya seni bertemakan toilet, mulai dari pispot Eropa, toilet jongkok dan berbagai tanda toilet di negara-negara seluruh dunia. Bahkan pengunjung yang datang bisa membeli suvenir berupa emoticon tersenyum berbentuk kotoran.

3. Big Shoe Repair, Bakersfield, California, Amerika Serikat

Bentuk bangunan menyerupai sepatu bisa ditemukan di beberapa negara. Umumnya bangunan unik ini berfungsi sebagai tempat tinggal. Tapi yang satu ini berbeda, terletak di Bakersfield, California, Amerika Serikat sebuah gedung berbentuk sepatu yang besar adalah tempat usaha di bidang yang sama dengan bentuk bangunannya.

Big Shoe Repair [Image Source]
Big Shoe Repair [Image Source]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gedung yang dibangun tahun 1947 ini berbentuk sepatu sepanjang 10 meter. Uniknya sang pemilik paham betul dengan detil kecil seperti tali sepatu. Mereka menyematkan hiasan tali sepatu dengan memanfaatkan tali sepanjang 15 meter. Usaha yang dijalankan di dalam bangunan unik ini adalah perbaikan sepatu, termasuk sol hingga memperbaiki sepatu high heel yang patah. Di sinilah satu-satunya tempat di mana Anda bisa memperbaiki sepatu yang rusak di dalam sepatu.

4. National Fisheries Development Office, India

Nyatanya kecenderungan membangun gedung yang nyentrik tidak hanya dilakukan oleh pengusaha saja, instansi pemerintahan juga suka melakukannya. Seperti pemerintah India ini misalnya, untuk membangun pusat pengembangan perikanan nasional, mereka membangun sebuah gedung penelitian yang berbentuk ikan raksasa.

National Fisheries Development Office [Image Source]
National Fisheries Development Office [Image Source]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gedung cantik berbentuk ikan super besar ini dibangun pada tahun 2012 di kota Rajendranager, Hyderabad, India. Bangunan tersebut terdiri atas 4 lantai dan berfungsi sebagai kantor Pengembangan Perikanan Nasional. Bangunan tersebut ternyata mengadopsi bentuk dari ikan flounder atau kita mengenalnya dengan nama ikan sebelah. Di dalam perut ikan inilah para ilmuwan bekerja meningkatkan teknologi perikanan di negeri Bollywood.

5. United Equipment, Turlock, California, Amerika Serikat

Perusahaan persewaan alat berat di Turlock, California, Amerika Serikat ini sangat peduli dan total dalam menjalankan usahanya. Mereka tidak hanya menyediakan berbagai jenis alat berat untuk konstruksi yang lengkap namun juga membangun kantor yang kece. Bukan gedung bertingkat yang modern melainkan buldoser raksasa sebagai markas kerja para karyawannya.

United Equipment [Image Source]
United Equipment [Image Source]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Adalah Giant Bulldozer, sebuah perusahaan persewaan alat berat yang dikelola oleh United Equipment yang memiliki kantor unik tersebut. Mereka membangun gedung dengan model Cat D5 buldoser yang sangat besar dengan ukuran panjang 30 meter dan terbagi atas 2 lantai. Dari luar gedung perusahaan ini terlihat sangar namun di dalamnya sangat tenang dan nyaman. Tidak ada tempat terbaik untuk menyewa alat erat untuk konstruksi selain di perusahaan ini.

6. Tonneau Bistro & Bar, Okinawa, Japan

Minuman bir di Jepang tidak disimpan dalam botol kaca seperti di Eropa. Mereka menyimpan minuman beralkohol tersebut dalam sebuah tong yang terbuat dari kayu. Bentuk tong kayu tempat menyimpan bir ini bisa Anda lihat dalam beberapa film mandarin.

Tonneau Bistro & Bar [Image Source]
Tonneau Bistro & Bar [Image Source]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebagai bentuk promosi sebuah bar di Okinawa, Jepang membangun tempat usaha mereka dalam bentuk tong bir yang sangat besar. Bar tersebut bernama The Tonneau Bistro & Bar dan memiliki gedung empat lantai. Dari luar bangunan bar ini persis menyerupai tong kayu tempat menyimpan bir lengkap dengan keran di ujungnya.

7. Grand Guitar, Tennessee, Amerika Serikat

Tidak ada tempat yang menarik untuk membeli alat musik selain di toko peralatan musik yang berbentuk gitar raksasa. Inilah toko alam musik bertema satu-satunya di dunia. Anda bisa menemukan toko nyentrik yang bernama Grand Guitar ini di Bristol, Tennessee, Amerika Serikat.

Grand Guitar [Image Source]
Grand Guitar [Image Source]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selain kegunaannya sebagai toko alat musik, Grand Guitar juga digunakan sebagai museum di mana orang-orang dapat melihat berbagai koleksi instrumen musik beserta memorabilia dari para pemain musik legendaris di Amerika. Gedung 3 lantai dengan panjang 25 meter tersebut dibangun pada tahun 1983 dengan lubang gitar berfungsi sebagai jendela sedangkan tali nilon digunakan sebagai aksesoris senar gitar.

Dengan membangun sebuah gedung berbentuk seperti produk yang dikomersilkan mungkin bisa menjadi strategi pemasaran yang ampuh seperti contoh-contoh di atas. Bagaimana dengan para pengusaha di negeri ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *