Ajaib, Bangunan Ini Tetap Berdiri Kokoh Meski Tiang Penyangganya Menggantung

Fungsi utama tiang adalah sebagai menyangga bangunan, tapi bagaimana jika tiang tersebut berdiri dalam keadaan tergantung? Fenomena unik ini bisa Anda jumpai saat traveling ke candi Veerabhadra yang ada di India. Tiang penyusun candi di sana berada pada posisi tergantung tapi bangunan tetap berdiri kokoh. Bagaimana ini bisa terjadi?

Candi Veerabhadra merupakan candi abad ke-16 yang sangat indah. Candi ini terletak di desa kecil yang bersejarah bernama Lepakshi, Distrik Anantapur, Andhra Pradesh, India yang berarti berjarak 15 kilometer arah timur dari Hindupur. candi ini memiliki arsitektur bergaya Wijayanagara yang khas dengan berbagai patung.

Candi Veerabhadra [Image Source]
Candi Veerabhadra [Image Source]
Di kawasan candi terdapat banyak patung yang menggambarkan para Dewa, Dewi, Penari, Musisi dan ratusan lukisan cantik lain di dindingnya. Seluruh lukisan yang ada di dinding, langit-langit candi menggambarkan kisah lengkap cerita Mahabarata, Ramayana dan Purana. Di depan candi terdapat patung Nandi atau seekor banteng yang menjadi pelayan setia Dewa Siwa.

Desa Lepakshi sendiri memang sangat erat kaitannya dengan kisah-kisah tersebut. Diceritakan bahwa desa tersebut merupakan kawasan di mana Burung Jatayu jatuh terluka pasca bertempur dengan Rahwana yang menculik Dewi Shinta. Di tempat ini pula dikisahkan Rama bertemu dengan burung tersebut.

Salah satu tiang di Candi Veerabhadra berdiri dalam posisi menggantung [Image Source]
Salah satu tiang di Candi Veerabhadra berdiri dalam posisi menggantung [Image Source]
Namun kita bukan membahan kisah-kisah tersebut atau kecantikan arsitektur candi ini melainkan keganjilan di dalamnya. Candi Veerabhadra atau dikenal pula sebagai Candi Lepakshi terkenal karena memiliki keajaiban teknik arsitektur yang sulit diterima nalar manusia. Tiang penyangga bangunan candi tidaklah menapak ke tanah tapi menggantung. Aneh!

Tentu saja tidak semua tiang yang menggantung di udara. dari 70 tiang yang menyusun bangunan ada satu yang menggantung di langit-langit dan tidak menapak di bumi. Tiang ini tidak terlihat ganjil karena dasar tiang berada sangat mepet dengan tanah. Namun jika diperhatikan dengan seksama tiang ini ternyata mengambang.

Traveler membuktikan bahwa tiang memang menggantung [Image Source]
Traveler membuktikan bahwa tiang memang menggantung [Image Source]
Beberapa pemandu wisata akan mengajak pengunjung untuk membuktikannya dengan cara merentangkan kain dan memasukkannya lewat bagian bawah tiang. Benar saja tiang tersebut ternyata menggantung. Usut punya usut tiang ini telah lepas dari posisi aslinya saat seorang insinyur Inggris melakukan penelitian di sana dan menggerakkan tiang tersebut. Penasaran dengan keajaiban ini? Datang saja ke India!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *