4 BAHAYA FATAL yang Disebabkan Oleh Kecanduan Smartphone

Radiasi ponsel

Dengan kecanggihan teknologi dan beragamnya fitur-fitur yang ditawarkan semakin membuat manusia tidak bisa lepas dengan yang namanya ponsel. Apalagi sejak munculnya smartphone dengan sejuta aplikasi yang bisa memudahkan aktifitas, termasuk tren berpetualang di dunia maya melalu aplikasi sosial media seperti facebook, twitter atau instagram semakin membuat ponsel sudah seperti kebutuhan primer saja.

Padahal, di balik kecanggihan tersebut, ponsel memancarkan radiasi yang membahayakan kesehatan Anda. Ingin tahu lebih lanjut tentang bahaya-bahaya tersebut? Simaklah Informasi berikut ini.

1. Menganggu Kehamilan

Bagi para ibu hami sebaiknya berhati-hati dan jangan sering-sering menggunakan ponsel apalagi sampai mendekatkanya pada rahim Anda. Sebuah penelitian membuktikan jika radiasi yang terpancar dari ponsel dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan ibu hamil.

Radiasi ponsel pada ibu hamil
Radiasi ponsel pada ibu hamil [image source]
Paparan radiasi secara terus menurus dalam jangka waktu yang lama, bahkan bisa menyebabkan kerusakan sel pada rahim. Akibatnya bisa fatal, yaitu terjadi keguguran jika usia janinya anatara 2 sampai 3 bulan.

2. Memicu Kanker

Karena kerusakan sel tubuh akibat radiasi ponsel, maka dalam tubuh akan terbentuk neoplasma dari regenari sel yang tidak ajar. Keadaan tidak normal seperti itu akan menyebabkan munculnya sel kanker terutama pada bagian tubuh yang sering berdekatan dengan ponsel seperti kulit dan telingga.

Tidur dengan ponsel
Tidur dengan ponsel [image source]
Kesalahan yang sering dilakukan orang biasanya adalah tidur dengan meletakan ponsel di dekatnya. Padahal, hal ini akan semakin meningkatkan resiko munculnya sel kanker dalam tubuh manusia.

3. Bisa Meledak

Beberapa waktu yang lalu publik sempat heboh karena berita sebuah ponsel tiba-tiba saja meledak saat penggunanya melakukan panggilan dengan ponsel tersebut. Tak hanya itu, ada juga berita ponsel meledak di samping pemiliknya yang sedang tertidur.

Korban Ledakan ponsel
Korban Ledakan ponsel [image source]
Hal tersebut memang terjadi dan mungkin bisa juga terjadi pada siapapun. Penyebabnya adalah terlalu lama menghubungkan ponsel dengan pengisi daya. Walaupun sudah penuh ponsel tersebut tak dicabut dari pengisi daya karena pemiliknya tertidur. Akibatnya, ponsel jadi panas dan jika sampai ada konslet, maka yang terjadi adalah ledakan bahkan bisa juga terbakar

4. Menyebabkan Sakit Kepala

Ponsel juga memancarkan gelombang radiasi RF. Bagi seseorang yang sensitif terhadap radiasi ini. Bagian kepala orang tersebut akan terasa berat dan sakit. Jika terus-terusan bahkan bisa menyebabkan rasa pusing yang akut, mual-mual dan muntah.

Radiasi ponsel
Radiasi ponsel [image source]
Istirahat jadi terganggu, karena biasanya oarang suka menggunakan ponsel sebelum tidur entah untuk bermain game, ngobrol di sosial media atau hanya sekedar membaca informasi dari internet. Tapi kerena kebiasaan tersebut orang jadi lupa waktu akhirnya istirahat jadi terganggu dan tidur jadi tidak nyenyak. Ponsel juga dapat memicu rasa was-was dan gelisah.

Itulah empat bahaya ponsel bagi kesehatan. Menggunakan ponsel tentu sah-sah saja, asalkan digunakan dengan bijaksana dan tidak berlebihan. Ponsel ibarat pedang bermata dua, selain membawa manfaat, di sisi lain juga membawa petaka bagi penggunanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *