Atletico Madrid Menyingkirkan Barcelona Dari Liga Champions Usai Menang Telak 2-0

Atletico Madrid vs Barcelona via sindonews

Hasil Liga Champions antara Atletico Madrid dengan Barcelona dalam laga lanjutan putaran kedua babak perempat final ditutup dengan skor 2-0 di Vicente Calderon, Kamis (14/4). Dua gol Antoine Griezmann jadi penentu kemenangan tuan rumah sekaligus memastikan melaju ke semifinal berkat agregat 3-2. Atletico menyingkirkan Barca dari Liga Champions.

Atletico sukses membalik ketertinggalan agregat 1-2 di depan pendukung sendiri. Trio MSN dibuat tidak berdaya dan kutukan bagi juara bertahan Liga Champions berlanjut. Berambisi mengejar ketertinggalan 1-2 di putaran pertama, Atletico pun menumpuk empat gelandang dalam formasi 4-4-2. Bahkan secara teknis, Atletico hanya bermain dengan satu penyerang, Antoine Griezmann untuk memenangkan perang lini tengah Barcelona.

Atletico sudah menunjukkan permainan terbuka sejak awal pertandingan. Mereka tak punya pilihan lain karena mereka harus bisa mencetak gol setelah kalah 1-2 pada putaran pertama.
Atletico memang masih tampil bertahan, tapi tidak seketat biasanya. Mereka menempatkan lebih banyak orang di tengah untuk dapat melakukan transisi dari bertahan ke menyerang.

Atletico Madrid vs Barcelona via  sindonews
Atletico Madrid vs Barcelona via sindonews

Namun paruh pertama Barca justru lebih dominan. Penguasaan bola klub Catalan mencapai lebih dari 70 persen. Tetapi hal itu tidak memberi manfaat banyak. Upaya Barca mendesak Atletico bermain di daerah sendiri, sama sekali tidak membuat gawang Jan Oblak terancam. Lionel Messi yang memiliki kesempatan dari tendangan bebas justru menghamburkannya.

Sebaliknya serangan Atletico Madrid justru lebih ampuh. Setelah Yannick Ferreira Carrasco menerbangkan bola pada menit ke-7, guncangan untuk Barcelona datang 10 menit sebelum turun minum. Saul Niguez mengirim umpan dari sisi kanan yang ditanduk dengan jitu oleh Antoine Griezmann. Bola meluncur tak terlalu keras, tapi tak mampu dijangkau Ter Stegen.

Di babak kedua, Atletico masih menggunakan strategi serangan balik yang memang efektif. Pada menit ke-54, heading Lucas nyaris menjebol gawang Barca tetapi mistar gawang masih menjadi penyelamat Barcelona. Atletico perlahan-lahan mulai mengendurkan serangan dan menumpuk para pemain di barisan belakang untuk memperkuat lini pertahanan. Sementara itu, Barca berusaha meningkatkan intensitas serangan di area berbahaya.

Atletico sukses menambah keunggulan pada menit ke-88. Berawal dari serangan balik yang digawangi oleh Filipe Luis, Andres Iniesta sengaja menyentuh bola dengan tangan di kotak penalti. Antoine Griezmann yang menjadi eksekutor menjalankan tugas dengan sempurna.
Hingga laga usai, skor 2-0 tetap bertahan. Atletico Madrid ke semifinal dengan agregat 3-2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *