4 Orang Indonesia Yang Jadi Atlet Sukses di Negara lain

Andik

Beberapa waktu yang lalu perhelatan sepak bola Indonesia diterpa masalah dan akhirnya berujung pada sanksi yang diberikan oleh FIFA. Lalu bagaimana nasib para punggawa lapangan hijau di Indonesia?

Sebagian dari mereka ternyata memilih untuk mengadu nasib dan berkarir di luar negeri. Hal ini sudah pasti karena ketidak jelasan sepak bola Indonesia. 4 orang atlet sepak bola berikut ini contohnya, tak hanya betah merumput di luar negeri, tapi juga bisa menunjukkan prestasi. Siapa sajakah mereka? Berikut ini ulasannya.

1. Andik Vermansyah

Saat liga sepak bola Indonesia sedang hangat-hangatnya, nama Andik Vermansayah pasti akrab di telinga sebagian besar para pecinta bola Tanah Air. Andik Vermansyah saat ini tidak lagi membela klub di Indonesia, melainkan membela klub negara tetangga Malaysia.

Andik
Andik [image source]
Andik adalah salah satu pemain yang dianggap cukup mumpuni oleh klub Selanggor Fc. Selama berkarir disana, pria kelahiran 23 November 1991 tersebut juga menunjukkan kemampuan hebat dan berhasil mencuri perhatian dari para penggemar bola di Malaysia. Media Malaysia sempat memuji permainan Andik yang terkenal dengan kecepatan kakinya saat berlaga melawan Johor Darul Ta’zim pada Februari lalu. Ia bermain dengan bagus sehingga berhasil menjebol gawang lawannya.

2. Arthur Irawan

Arthur Irawan adalah orang Indonesia yang mencoba mengadu nasibnya ke la liga. Awalnya ia menargetkan Malaga. Tapi sayang, ia gagal setelah melakukan beberapa tes uji coba. Padahal atlet kelahiran Surabaya ini juga memiliki kemampuan yang patut untuk di perhitungkan.

Arthur Irawan
Arthur Irawan [image source]
Akhirnya nasib baik membawanya ke liga Belgia. Dan yang beruntung bisa dibela oleh kaki tangkas Arthur Irawan adalah klub Waasland-Beveren. Arthur resmi manjadi pemain bola di Belgia pada Agustus 2014 yang lalu. Ia beruntung, Mengingat Waasland adalah klub yang cukup bergengsi dan bermain di liga tertinggi Belgia, Belgian Pro League.

3. Irfan Bachadim

Irfan Bachadim bisa dibilang cukup berjaya di kancah sepak bola luar negeri. Karena klub yang ia bela tak hanya satu atau dua saja, tapi ada beberapa klub di berbagai negara. Baru-baru ini Irfan Bachadim dikabarkan memperkuat klub J-League 2 (Jepang), Consadole Sapporo pada awal mei lalu dan akan diposisikan sebagai pemain pengganti di dua laga berikutnya.

Irfan Bachadim
Irfan Bachadim [image source]
Sekilas memang Irfan Bachadim terlihat seperti berdarah eropa tapi sebenarnya dia sudah memiliki kewarganegaraan Indonesia sejak lahir. Selain klub Consadole Sapporo, Irfan Bachadim juga pernah membela klub lain seperti FC Utrecht, HFC Haarlem, SV Argon, Chonburi FC Sriracha dan Ventforet Kofu.

4. Syaffarizal Mursalin Agri

Syaffarizal Mursalin Agri atau yang karab dipanggil Farri adalah pemuda asli Indonesia. Ia sendiri lahir dari orang tua yang tinggal di Aceh, sebelum ia bersama orang tuanya pindah ke Qatar untuk bekerja. Hobinya bermain bola tak lantas berhenti begitu saja di Qatar.

Syaffarizal Mursalin Agri
Syaffarizal Mursalin Agri [image source]
Ia masih lanjut bermain bola hingga keahlian bermainnya diendus oleh klub di Qatar. Apalagi setelah ia berhasil mencetak 15 gol dalam ajang kompetisi junior untuk level U-14. Saat ini ia ada di bwah pelatihan Federasi Sepakbola Qatar.

Farri sendiri sepat dipanggil untuk membela Tim Nasional U-23 untuk menghadapi ajang Olimpiade 2011. Tapi karena alasan tertentu Farri akhirnya tidak memenuhi panggilan tersebut. Meskipun begitu Farri mengaku bahwa ia masih bercita-cita untuk membela Timnas dan tidak mimiliki niat untuk membela tim lainnya.

Itulah 4 Atlet Sepak Bola yang ternyata malah sukses di luar negeri. Walapun saat ini mereka tengah membela tim di negara lain, tapi nilai nasionalisme mereka masih belum luntur dan bila saatnya tiba nanti semoga mereka dapat menjadi harapan bagi nasib sepak bola tanah Air di masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *