Anne Avantie Rilis E-Commerce Produk UKM

Anne Avantie via tempo

Kiprah Anne Avantie dalam industri fashion Tanah Air telah berjalan selama lebih dari dua dekade. Rancangan kebaya yang khas difavoritkan para penikmat mode, baik dari kalangan masyarakat awam maupun kalangan selebriti. Kini desainer kebaya itu melebarkan bisnisnya dengan merilis e-commerce Anne Avantie Mall di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta Pusat, Selasa (19/4/).

Anne Avantie Mall adalah marketplace yang menaungi produk usaha kecil menengah (UKM) dari berbagai daerah di Indonesia yang kesulitan memasarkan produk mereka. Ide membuat bisnis ini tercetus setelah Anne melihat ada jutaan UKM, tetapi kebanyakan mereka merasa kesulitan memasarkan produknya. Wanita asal Semarang ini juga mencoba menggandeng mereka dan ditempatkan dalam satu wadah yang bisa menjangkau seluruh daerah.

Anne merasakan bagaimana budaya Indonesia yang tercermin dalam karya terpinggirkan oleh produk dari luar negeri. “Lebih dari 26 tahun saya berkarya, ada suatu hal yang harus saya lakukan. Saya terus mendorong mereka (UKM) untuk berkarya, namun mereka selalu teriak tidak dapat jualan. Karena buka lapak di pameran atau gerai harganya terlalu mahal untuk mereka. Buat apa brand Anne Avantie saya nikmati sendiri,” kata Anne Avantie.

Anne Avantie via tempo
Anne Avantie via tempo

Anne menuturkan produk UKM berbasis budaya seperti busana, aksesori kerajinan tangan, makanan khas bisa dijual di bawah payung marketplace miliknya. Anne juga beranggapan harus dapat mengangkat orang lain. “Banyak usaha kecil-menengah yang tidak mempunyai kesempatan. Di situs ini mereka punya kesempatan lebih, kesulitan membeli susu teratasi, sumber daya manusia yang digaji rendah punya kesempatan lebih sejahtera,” ucapnya.

Franz Budi Pranata selaku co-founder Anne Avantie Mall mengklaim bahwa ini merupakan yang pertama di dunia dari segi marketplace yang menjual produk-produk budaya nasional. Franz mengungkapkan produk yang dijual bisa datang dari berbagai aspek mulai dari fashion item hingga alat musik tradisional. “Ada batik, handicraft, gamelan, angklung, makanan khas mungkin juga bisa dijual di sini,” kata pria yang pernah menjabat sebagai CFO di Zalora.

Ada lima kategori produk dalam Anne Avantie Mall yaitu UKM, UKM Plus, Ready to Wear, Private Collection, dan Celebrity Signature yang mana selebriti bisa jadi brand ambassador untuk produk UKM tertentu. Marketplace Anne Avantie Mall sudah bisa diakses, tapi untuk transaksi baru bisa dilakukan sekitar 1-2 bulan ke depan. Ada sekitar 50 UKM bergabung dan tidak menutup kemungkinan akan terus bertambah seiring berjalannya bisnis online ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *