Amankah Tak Mencuci Celana Jeans? Ini Penjelasannya

Celana jeans adalah salah satu jenis pakaian yang menjadi idola. Banyak masyarakat yang mengenakan celana jeans untuk kegiatan sehari-hari. Modelnya yang keren dan bahan yang kuat menjadi kelebihannya.

Namun, pakaian praktis ini menimbulkan sebuah perdebatan. Banyak penggemar celana jeans berdebat, apakah lebih baik pakaian ini dicuci atau dibiarkan begitu saja setelah dipakai berkali-kali. Apakah Anda juga penasaran?

Dilansir dari CNN Indonesia, CEO Levi’s menyarankan agar Anda tak mencuci celana jeans. Hal tersebut menurutnya akan berdampak baik bagi lingkungan.

“Jika Anda berbicara dengan penggemar denim sesungguhnya, mereka akan memberitahu Anda agar tidak mencuci celana jeans,” ungkap Bergh, dilansir dari Independent.

Pendapat tersebut didukung oleh para pakar mikrobiologi. Mereka mendukung pernyataan Bergh dengan menambahkan bahwa dari segi kesehatan, tak ada yang perlu dikhawatirkan selain baunya yang tak sedap.

Jika Anda masih ragu dengan pendapat tersebut, seorang profesor di Departemen Biologi Molekuler dari University of Innsbruck Austria, Bernard Redl mengatakan tidak ada bukti yang menyatakan bahaya tidak mencuci jeans untuk kesehatan. Dengan catatan jeans Anda gunakan dalam keadaan normal, seperti memakainya untuk jalan sehari-hari.

Namun, ada beberapa lingkungan yang membutuhkan pakaian yang steril, seperti rumah sakit. Infeksi bisa ditransfer melalu pakaian ketika Anda berada di rumah sakit.

Pendapat lain yang menunjukkan amannya tidak mencuci celana jeans berasal dari Rachel McQueen, seorang profesor ekologi manusia di University of Alberta Kanada.

“Bakteri, sel-sel kulit, dan keringat yang ditransfer ke celana dari tubuh kita sendiri. Mikroorganisme kulit umumnya tidak berbahaya bagi diri sendiri,” kata McQueen.

Beberapa tahun lalu, salah satu mahasiswa McQueen tak mencuci celana jeans yang dikenakannya selama 15 bulan. Setelah diuji, tim McQueen terkejut karena tingkat bakteri pada celana tersebut memiliki jumlah yang sama dengan celana jeans yang telah dicuci dan dipakai selama 13 hari.

“Apa yang saya temukan hanya flora kulit normal. Jumlah yang benar-benar mirip. Bakteri yang terkandung hanya pada bagian yang sering dicuci hampir sama.” ungkap McQueen.

Mengatasi Bau Celana Jeans yang Tidak Dicuci

Membiarkan celana jeans dalam keadaan kotor tak akan menimbulkan masalah kesehatan. Namun, bau yang tak sedap tetap saja akan menimbulkan masalah. Untuk mengatasinya banyak yang menyarankan agar membekukan celana jeans.

Hal tersebut dibantah oleh Redl.

“Hal itu hanya akan membuat mereka dalam keadaan tidak aktif. Bakteri akan berhenti tumbuh dalam freezer, tetapi akan kembali aktif saat Anda menggunakannya kembali, karena panas yang datang dari tubuh Anda,” bantahnya.

Menurutnya, cara yang paling efektif untuk menghilangkan bau dan menyingkirkan bakteri tersebut adalah dengan menjemur celana jeans di luar ruangan dan di bawah terik matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *