4 Alat Musik Indonesia Yang Populer Di Luar Negeri

Angklung

Siapa yang menyangkal jika memang Indonesia kaya dalam segala hal tidak hanya sumber daya alam tapi juga warisan seni budaya yang beraneka ragam membuat Indonesia semakin mempesona.

Budaya Indonesia ternyata juga menarik perhatian masyarakat dunia. Hal ini terbukti dari antusiasnya masyarakat di negara lain menikmati bahkan menggunakan alat musik khas Nusantara. Dari sekian banyak alat musik berikut ini dahsyat telah merangkumnya menjadi 4 alat musik tradisional Indonesiaa yang populer di mata dunia.

1. Gamelan

Gamelan jawa adalah yang paling banyak peminatnya di luar negeri. Beberapa lembaga pendidikan di Amerika Serikat dan Selandia Baru bahkan memuat kurikulum yang mengajarkan tentang gamelan baik penggunaan maupun sejarahnya.

Gamelan
Gamelan [image source]
Di Selandia Baru pelajaran tentang gamelan sudah ada sejak tahun 1975 atas kerjasama antara New Zealand School of Music (NZSM) dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Wellington. Ternyata hingga saat ini peminatnya terus saja meningkat bahkan sejak pertama kali dibuka peserta yang mendaftarpun mencapai 23 orang melebihi kuota yang ditargetkan yaitu hanya 18 orang.

Gamelan juga pernah digelar dalam ajang Festival Gamelan Dunia tahun 1986 di kanada. Tak hanya itu, Singapura dan Jepang juga mengadopsi gamelan sebagai media ajar di sekolah-sekolah. Sedangkan di Amerika Serikat gamelan sudah terkenal di berbagai perguruan tinggi seperti Universitas California di Berkeley (gamelan Kyai Udan Mas), San Jose University (gamelan Sekar Kembar), Lewis and Clark College (Kyai Guntur Sari), Michigan, Wiscounsin, Northern Illinois, Oberlin, Wesleyan, dan ratusan universitas terkemuka lainnya.

2. Angklung

18 November 2010 angklung dikukuhkan UNESCO menjadi alat musik warisan dunia yang benar-benar asli dari Indonesia. Pengukuhan tersebut tentu membawa dampak postif karena takan ada lagi negara lain seperti Malaysia yang akan mengklaim angklung sebagai budaya mereka. Selain itu, dari sisi ekonomis para perajin akan diuntungkan dengan meningkatnya pesanan alat musik angklung baik dari dalam maupun luar negeri.

Angklung
Angklung [image source]
Suara gema angklung begitu kencang sehingga dapat menciptakan semangat persatuan. Itulah sebabnya alat musik yang dibuat dari bambu ini begitu populer di luar negeri. Salah satu acara yang terkenal adalah pemecahan rekor pemain angklung terbanyak dengan di Beijing tahun 2013 dengan melibatkan 5393 peserta

3. Kolintang

Yang berikutny adalah Kolintang, Kolintang adalah alat musik yang dibuat dari kayu cempaka. dan berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara, nada-nada yang dihasilkan dari alat musik ini sama dengan piano sehingga membuat kolintang dengan mudah dapat harmonis dengan alat musik lainnya.

Kolintang
Kolintang [image source]
Banyak sekali orkestra-orkestra di luar negeri yang menggunakan kolintang sebagai salah satu instrumennya. Bahkan saat ini kolintang sedang dalam proses didaftarkan ke UNESCo sebagai warisan peninggalan dunia milik Indonesia.

4. Degung

Degung sebenarnya adalah gamelan tapi sedikit memiliki perbedaan dengan gamelan Jawa karena berasal dari Suku Sunda. Awalmnya degung erat kaitannya dengan ritual dan tradisi masyrakat zaman kerajaan-kerajaan Sunda tapi saat ini Degung telah berkembang pesat dan banyak ditemui tak hanya di dalam negri tapi juga di luar negeri.

degung
degung [image source]
Sama halnya dengan gamelan jawa degung juga populer di beberapa lembaga pendidikan dan terus dilestarikan oleh para musisi setempat. Misalnya saja di lingkungan Seni Pusaka Sunda University of California (Santa Cruz, USA), musisi Lou Harrison (USA), dan Rachel Swindell bersama mahasiswa lainnya di London (Inggris), Paraguna (Jepang), serta Evergreen, John Sidal (Kanada). Di Melbourne, Australia

Itulah 4 alat musik Indonesia yang populer di mata dunia tentu kita pautut bangga dengan hal itu, tapi bangga saja tidak cukup kita juga harus berusaha untuk terus melestrikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *