4 Alasan Kenapa Kamu Harus Kembali Pakai Batik

Batik

Anda orang Indonesia? Sudah punya batik apa belum? Karena akan aneh sekali jika mengaku orang Indonesia, tapi tak kenal dengan batik. Batik adalah warisan budaya asli Indonesia. Bahkan Dunia pun mengakuinya sebagai salah satu karya cipta manusia yang sangat luar biasa indah.

Tanggal 2 Oktober hari ini adalah peringatan hari batik Nasional. Tentu kita semua harus bangga dengan batik Indonesia. Kenapa bisa begitu? Kali ini Dahsyat akan memberikan beberapa alasan kenapa kamu pantas untuk bangga dan kembali memakai batik tidak hanya untuk acara formal saja, tapi juga dalam keseharian.

1. Batik Itu Keren

Batik itu keren dan cocok untuk semua kalangan, entah yang masih anak-anak, remaja, hingga yang berusia lanjut pun akan terlihat keren dan berwibawa saat menggunakan batik. Batik Indonesia kaya akan motif dan corak. Dan yang mebuatnya semakin keren adalah batik bukan hanya sekedar corak warna-warni dan motif-motif unik saja, tapi di balik itu semua terdapat sisi folosofis yang kaya akan pesan moral bagi kehidupan manusia.

Batik Itu Keren
Batik Itu Keren [image source]
Di negara lain, pria yang menggunakan baju yang corak warnanya ramai dan bermotif bunga-bunga mungkin akan terlihat aneh. Tapi jika baju itu adalah batik, maka motif bunga-bunga dengan warna-warna yang khas akan terlihat serasi dengan pemakainya, walaupun dia adalah seorang pria. Para wanita yang biasanya menggunakan batik juga tak kalah kerena dengan baju kebaya dan batik yang mereka kenakan maka kecantikan mereka akan semakin terlihat.

2. Simbol Pemersatu Bangsa

Batik biasanya digunakan di hari jumat terutama di lingkungan sekolah, instansi pendidikan, bahkan lingkungan pemerintahan juga dibiasakan menggunakan batik. Hal ini bertujuan untuk melestarikan batik dan membuat masyarakat Indonesia semakin cinta terhadap budaya bangsa.

Simbol Pemersatu Bangsa
Simbol Pemersatu Bangsa [image source]
Walaupun Indonesia terdiri dari berbagai macam suku yang tersebar mulai dari Sabang sampai Merauke, tapi semuanya tahu tentang batik dan bangga dengan batik yang telah ditetapkan sebagai warisan asli Indonesia.

3. Meningkatkan perekonomian Lokal

Ini sudah jelas, dengan membeli dan menggunakan batik yang diproduksi di dalam negeri, otomatis Anda akan mendukung berkembangnya perekonomian para perajin batik. Miris memang, karena saat ini sebagian orang lebih memilih produk impor daripada membeli produk lokal.

Batik
Batik [image source]
Padahal, kualitas produk lokal juga tak kalah bagus dengan keluaran luar negeri. Oleh karena itu, mulai sekarang kita harus membiasakan diri untuk lebih mencintai produk lokal, terutama batik. Selain sebagai bentuk kebanggaan terhadap Indonesia, dengan membeli batik, Anda juga akan membantu ekonomi bangsa.

4. Membuka Mata Dunia Akan Warisan Budaya Indonesia

Sejak dikenalkan ke dunia Internasional, banyak masyarakat dil uar negeri juga mulai melirik Batik. Mereka berpendapat jika orang Indonesia patut bersyukur karena pakaian tradisional Indonesia seperti batik dan kebaya, sangat nyaman dipakai sehari-hari. Berbeda dengan pakaian tradisional di beberapa negara lain. Baju tradisional mereka terasa tidak praktis, akhirnya baju-baju modern lah yang dipilih untuk menggantikannya.

Batik Indonesia
Batik Indonesia [image source]
Tahun 1900 diadakan sebuah pameran bertajauk Exposition Universelle di Paris. Ternyata batik dapat memukau para pengunjung pameran dan sejak saat itu, batik sedikit demi sedikit mulai mencuri perhatian dunia internasional. Puncaknya adalah penetapan Batik sebagai budaya asli indonesiua pada tanggal 2 Oktober 2009.

Harapannya batik bukan hanya menjadi tren di Indonesia saja, tapi juga di luar negeri. Dan salah satu hal sederhana yang bisa kita lakukan agar hal itu dapat terwujud adalah dengan menggunakannya sesering mungkin. Selamat hari batik Nasional ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *