Agya Dan Ayla Versi Panjang Akan Segera Hadir

Agya dan Ayla via viva

Toyota Agya berkapasitas tujuh penumpang akan segera hadir. Pasalnya, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah mendaftarkan empat kode mobil bermerek Toyota di TPT Kemenperin. Dari sejumlah informasi yang berembus, mobil tersebut merupakan Low Cost and Green Car (LCGC) mobil murah ramah lingkungan Agya dan Ayla dengan bentuk panjang.

Pertama, mobil Daihatsu dengan kode B401RS-GMZFJ berkapasitas mesin 1,2 liter dengan transmisi manual. Mobil itu mempunyai tenaga penggerak dua roda. Lalu didaftarkan pula mobil dengan kode B401RA-GMFQFJ transmisi manual dengan penggerak dua roda. Masih dengan mesin berkapasitas 1,2 liter. Keduanya didaftarkan pada tanggal 12 April 2016. Saat ini statusnya saat ini adalah ‘P’ atau berarti dalam proses.

Kedua, PT Astra Daihatsu Motor mendaftarkan dengan merek Toyota yang mencantumkan mobil berkode B401RA-GMQFJ transmisi manual. Lalu B401RA-GQQFJ transmisi matik dan B401RA-GQZFJ transmisi matik. Semuanya berpenggerak dua roda dengan kapasitas mesin 1,2 liter. Mengenai informasi itu, Director of Technical and Project Planning Management PT Toyota Motor Manufacturng Indonesia (TMMIN), Yui Hastoro enggan berbicara banyak.

Agya dan Ayla via viva
Agya dan Ayla via viva

“Tunggu saja tanggal mainnya (Agya dan Ayla tujuh penumpang). Jadi ke mana-kemana nih, ada (bisa disebut) adiknya, kakaknya, saudara dari Avanza. Kalau untuk Daihatsu saya tidak ada urusan,” ungkap Yui Hastoro. Sementara itu, menurut seorang sumber yang tahu persis dengan permasalahan ini, mobil-mobil itu memang calon produk baru Daihatsu dan Toyota.

Apabila benar mobil ini terealisasi, diperkirakan produksi mobil ini akan kembali dilakukan PT Astra Daihatsu Motor seperti Ayla dan Agya saat ini. Sehingga pantas TMMIN mengaku tidak ada urusan dengan Agya dan Ayla versi panjang. “Mobil ini memang akan meluncur setelah Sienta. Kalau menurut rencananya sih sekitar Mei 2016 ini,” ujar sumber tersebut. Beberapa waktu lalu, TMMIN juga baru saja meresmikan pabrik baru.

Pabrik baru tersebut yang memproduksi mesin bensin alumunium bertipe R-NR berkapasitas 1.3L dan 1.5L. Kode mesin R-NR 1.5L adalah jantung mekanis yang digunakan Toyota Sienta. Sedangkan untuk R-NR 1.3L, TMMIN belum membeberkan untuk model apa. “Produk kami itu untuk domestik dan ekspor, salah satunya kemungkinan untuk buat ekspor juga kan. Tapi buat apanya, saya tidak bisa ngomong dulu,” sambung Yui Hastoro.

Keberadaan mesin R-NR 1.3L memang akan dieskpor, namun tidak menutup kemungkinan sengaja dipersiapkan untuk varian Sienta versi mesin kecil. Kuat dugaan apabila keempat mobil tersebut akan merupakan wujud MPV LCGC berbasis Agya. Mobil Agya MPV ini sendiri diperkirakan akan muncul di GIIAS 2016 pada bulan Agustus mendatang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *